Napi Terorisme Jadi Guru Ngaji Tio Pakusadewo di Penjara - TrueID

Napi Terorisme Jadi Guru Ngaji Tio Pakusadewo di Penjara

TrueID IndonesiaMay 12, 2023

Beberapa waktu lalu, nama aktor Tio Pakusadewo sempat viral usai dirinya menceritakan berbagai hal-hal rahasia di dalam penjara di kanal Youtube Uya Kuya. Sebelumnya, ternyata Tio juga sempat mengungkapkan sebuah pengalaman menarik ketika masih mendekam di balik jeruji besi. Tio Pakusadewo membagikan cerita saat ia sempat belajar mengaji langsung dari sang terpidana mati kasus terorisme, Ali Imron.

Ali Imron diketahui merupakan pelaku Bom Bali pada tahun 2002 lalu dan divonis hukuman mati. Saat ini, Ali Imron sudah menjalani hukuman penjara selama 17 tahun dan sempat berada di dalam rutan yang sama dengan Tio Pakusadewo. Tio Pakusadewo menceritakan momen ketika pertama kali bertemu Ali Imron yang tampak seperti sangat bebas masuk ke semua kamar tahanan. Belakangan baru diketahui kalau Ali Imron ternyata memang kerap berkeliling untuk mengajarkan Al Quran kepada para tahanan.

"Kenapa sih orang ini (Ali Imron), kelihatan banget dia orang yang bebas masuk ke semua, dia napi juga. Anak-anak suka dateng,'om dicariin om','bilang aja gua tidur’. Orang-orang manggil dia Ustadz, gua males lah (pengen) tidur. Dua kali tiga kali datang, gak mungkin dia punya niat jahat. Ngobrol-ngobrol, ternyata dialah Ali Imron pelaku Bom Bali 1," beber Tio Pakusadewo di kanal Youtube TS Media, dikutip dari VIVA, Kamis (11/5).

----------

Video Rekomendasi: Assalamualaikum Netizen

----------

Setelah berkenalan, Ali Imron langsung bertanya kepada Tio Pakusadewo apakah ia bisa mengaji atau tidak. Tio yang waktu itu memang sudah lupa cara mengaji Al Quran langsung dijanjikan bisa mengaji lagi hanya dalam dua kali pertemuan. Pada akhirnya, Tio memang benar-benar bisa kembali mengaji dengan cepat berkat bimbingan Ali Imron.

"Jangan lama-lama, dua kali pertemuan. Penasaran kan gua, masa bisa sih dua kali pertemuan. Eh bener, dua kali pertemuan, gua mampu lagi untuk baca (Al-Qur'an), dan seterusnya hingga tiga pertemuan itu udah (bisa). Keren lah metodenya, jadi itulah guru ngajiku Ali Imron," ujar Tio. 

Tio Pakusadewo akhirnya bebas setelah ditahan di penjara untuk kedua kalinya pada tahun 2020. Sebelumnya, Tio juga sempat merasakan dinginnya lantai penjara usai ditahan di tahun 2017 juga karena kasus yang sama yaitu penyalahgunaan narkoba. Belakangan, setelah bebas Tio Pakusadewo kerap menceritakan berbagai kisahnya selama berada di penjara dan sempat viral seperti adanya pabrik narkoba dan minuman keras di dalam lapas hingga praktek prostitusi terselubung.

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...