Lionel Messi Raih Gelar Ballon d'Or Ketujuh! - TrueID

Lionel Messi Raih Gelar Ballon d'Or Ketujuh!

TrueID IndonesiaNovember 29, 2021

Lionel Messi sukses memenangkan penghargaan Ballon d’Or 2021 dalam Malam Ballon d’Or 2021 Ceremony yang berlangsung di Paris, Selasa (30/11) dini hari WIB. Messi sukses mengalahkan dua pesaing terkuat yaitu striker Bayern Munich, Robert Lewandowski serta gelandang Chelsea, Jorginho. Gelar Ballon d’Or kali ini menjadi yang ketujuh bagi La Pulga sepanjang karirnya, atau yang terbanyak sepanjang sejarah.

null

Sumber Foto: Twitter Official Ballon d’Or (twitter.com/francefootball)

Meski banyak menjadi pertanyaan, penghargaan Ballon d’Or 2021 untuk Messi sebenarnya juga tidak mengejutkan karena pemain yang kini membela Paris Saint-Germain ini melewati tahun 2021 dengan torehan yang tidak buruk: keluar sebagai top skor LaLiga, memenangkan trofi Copa del Rey untuk Barcelona, serta mengakhiri puasa gelar selama 28 tahun Timnas Argentina ketika memenangkan Copa America 2021.

Sang Messiah dinilai berandil besar membawa Tim Tango menjadi juara Amerika Selatan karena terlibat di sembilan gol Argentina, dengan rincian empat gol serta lima assist sekaligus menjadi top skor dan pemain terbaik di turnamen tersebut. Dengan rentetan prestasinya di sepanjang tahun 2021 maka tidak heran jika tim penilai memberikan nilai tertinggi untuk Lionel Messi mengalahkan pemain lainnya.

“Saya ingin menyebut Robert Lewandowski, sebuah kehormatan bisa bersaing dengan Anda. Setiap orang tahu dan setuju bahwa kamu adalah pemenangnya tahun lalu. Saya pikir France Football seharusnya memberikan Ballon d’Or 2020 untukmu – kamu pantas mendapatnya dan harus memilikinya di rumah,” ujar Messi saat menerima penghargaan Ballon d’Or.

Sementara itu untuk urutan peringkat lima besar pemain terbaik setelah Messi berturut-turut adalah Robert Lewandowski, Jorginho, Karim Benzema serta Ngolo Kante. Cristiano Ronaldo sendiri secara mengejutkan hanya finish di urutan keenam atau untuk kali pertama pemain Manchester United ini berada di luar urutan lima besar sejak tahun 2010. Selain penghargaan untuk pemain terbaik, Ballon d’Or kali ini juga memperkenalkan dua penghargaan terbaru yaitu Striker terbaik serta Klub terbaik 2021. Untuk striker terbaik penghargaan diberikan kepada Lewandowski sementara klub terbaik dianugerahkan untuk sang juara Liga Champions, Chelsea.

Wonderkid Barcelona, Pedri juga membawa pulang Trofi Kopa atau penghargaan sebagai pemain muda terbaik tahun 2021. Pedri mengalahkan pesaingnya yaitu Jude Bellingham, Jamal Musiala, Nuno Mendes serta Mason Greenwood. Trofi Kopa seolah menegaskan Pedri sebagai anak muda terbaik di dunia tahun ini setelah sebelumnya ia juga memenangkan penghargaan Golden Boy, Pemain Muda Terbaik Euro 2020, serta Pemain Barcelona Terbaik Tahun ini. (Ridho)

Berikut daftar lengkap pemenang di malam Penghargaan Ballon d’Or 2021:

Pemain terbaik Pria:

  1. Lionel Messi
  2. Robert Lewandowski
  3. Jorginho
  4. Karim Benzema
  5. N'golo Kante
  6. Cristiano Ronaldo
  7. Mohamed Salah
  8. Kevin De Bruyne
  9. Kylian Mbappe
  10. Gianluigi Donnaruma

Pemain Muda Terbaik:

  1. Pedri
  2. Jude Bellingham
  3. Jamal Musiala
  4. Nuno Mendes
  5. Mason Greenwood
  6. Bukayo Saka
  7. Florian Writz
  8. Ryan Gravenberch
  9. Jeremy Doku
  10. Giovanni Reyna

Trophee Yacine (Kiper Terbaik): Gianluigi Donnaruma

Striker Terbaik: Robert Lewandowski

Klub Terbaik: Chelsea FC

Pemain Wanita Terbaik: Alexia Putellas

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...