Laga PSM vs Persib Bandung Ditunda Karena Covid-19 - TrueID

Laga PSM vs Persib Bandung Ditunda Karena Covid-19

TrueID IndonesiaFebruary 3, 2022

Badai Covid-19 yang menerpa klub-klub Liga 1 Indonesia kembali memaksa satu pertandingan lagi harus ditunda. Setelah sebelumnya pertandingan antara Madura United menghadapi Persipura Jayapura yang harus dibatalkan karena begitu banyaknya pemain Madura United yang terkena Covid-19 kini giliran laga PSM Makasar kontra Persib Bandung yang harus tertunda. Alasannya, karena Persib tidak bisa memenuhi syarat minimal jumlah pemain untuk menjalani laga di Liga 1 dan hanya memiliki 13 pemain fit.

Kepastian harus ditundanya laga ini diungkapkan langsung oleh Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Sudjarno setelah disepakati oleh kedua klub saat melakukan emergency meeting. 

"Tentunya kami terus komunikasikan, ketika PCR pemain kemarin sore, kita pastikan sebelum mengambil keputusan PCR tadi pagi pada Persib, untuk memastikan verifikasi kekurangan tim, baik itu apakah pemain yang masuk dalam daftar cadangan dan pemain yang terkonfirmasi positif (sebelumnya). Dari hasil PCR, ternyata kita mendapatkan hasil jam 1 bahwa tersisa hanya 13 pemain dari Persib, karena itu ini memenuhi syarat untuk permohonan (ditunda)," ujar Sudjarno

Sementara itu dalam konferensi pers secara virtual hari Rabu (2/2) kemarin, Sudjarno juga mengungkapkan permintaan PT Liga Indonesia Baru kepada setiap klub untuk lebih ketat dalam menjaga para pemainnya. Selama ini ternyata beberapa klub mengakomodasi para pemainnya untuk berjalan-jalan keluar dan kemungkinan karena hal itulah para pemain akhirnya tertular virus Covid-19.

"Kami itu menerapkan semi bubble to bubble. Katakanlah (nanti) ada jeda, maka kemudian kami akan menyurat kepada klub, termasuk LIB akan melakukan pengawasan. Kami berharap klub, misalnya tidak lagi mengakomodasi jalan-jalan keluar, seperti itu. Sebetulnya apa yang kami terapkan di Bali itu sama dengan apa yang kami terapkan di seri 1, 2, dan 3," ungkap Sudjarno seperti dikutip dari detiksports.

"Mungkin kami ada kelalaian, itu harus diakui. Oleh karena itu, kami akan perbaiki bubble yang akan kami lakukan, kembali kepada klub, kembali kepada LIB selaku operator untuk bisa mendisiplinkan lagi," tambah Sudjarno.

"Katakanlah tidak boleh jalan-jalan, tidak boleh melakukan pertemuan-pertemuan tidak jelas, kecuali pertemuan klub. Dia hanya latihan, kemudian official training, itu yang kami harapkan dari klub untuk memutus mata rantai penyebaran ini," tegasnya.

Sementara itu, meski beberapa pemainnya juga terkena Covid-19 namun tiga laga lanjutan Liga 1 Indonesia hari Rabu, 2 Februari 2022 kemarin akhirnya tetap berjalan. Laga-laga tersebut antara lain PSIS Semarang vs Persebaya, Persita Tangerang kontra Borneo dan PS Sleman menghadapi Persik. Tim-tim tersebut dinilai masih bisa melanjutkan laga karena memiliki jumlah minimal pemain dalam satu tim yang bisa tampil yaitu 14 orang. (Ridho)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...