Sempat Tertinggal, Indonesia Hajar Timor Leste 4-1! - TrueID

Sempat Tertinggal, Indonesia Hajar Timor Leste 4-1!

TrueID IndonesiaJanuary 28, 2022

Tim Nasional Indonesia berhasil meraih kemenangan telak 4-1 atas Timor Leste dalam laga persahabatan FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali hari Kamis (27/1) malam WIB. Meski secara skor Indonesia terlihat meraih kemenangan dengan meyakinkan namun nyatanya skuat Garuda harus dipaksa susah payah menghadapi perlawanan Timor Leste dan bahkan tertinggal satu gol lebih dulu di babak pertama.

Tampil tanpa sejumlah pemain andalan yang berada di luar negeri seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam, plus dicadangkannya Pratama Arhan yang baru pulih dari cedera Indonesia memang bermain sangat berbeda dari Piala AFF 2020 lalu meski mayoritas skuat masih sama. Mengandalkan Dedik Setiawan di lini depan ditopang Irfan Jaya, Ricky Kamuaya dan Ramai Rumakiek serta Evan Dimas dan Rachmat Irianto di lini tengah nyatanya tidak membuat Indonesia dengan mudah membongkar pertahanan Timor Leste.

Dedik sempat mendapatkan peluang dari tembakannya tapi bola masih membentur mistar, begitu juga ketika ia gagal meneruskan bola hasil umpan dari Irfan Jaya meski gawang sudah kosong. Keasyikan menekan, Indonesia malah kebobolan lewat serangan balik cepat Timor Leste yang diakhiri tembakan Paulo Gali di menit ke-35. Timor Leste bahkan seharusnya bisa menggandakan keunggulan jika saja eksekusi penalti Mouzinho tidak ditepis penjaga gawang Indonesia Syahrul Fadil. Hingga babak pertama berakhir tidak ada gol tambahan tercipta, skor tetap 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Di babak kedua, pelatih Timnas Shin Tae-yong langsung menurunkan tiga pemain sekaligus yaitu Ronaldo Kwateh, Pratama Arhan dan Hanis Saghara menggantikan Ramai Rumakiek, Edo Febriansyah dan Dedik Setiawan. Hasilnya di menit ke-65, Indonesia akhirnya sukses menyamakan skor lewat tembakan keras Kambuaya dari luar kotak penalti hasil kerjasama dengan Ronaldo. Pratama Arhan membawa Indonesia berbalik unggul di menit ke-73 lewat eksekusi penalti, setelah sebelumnya bek Timor Leste menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. 

Dan Pratama Arhan berandil besar untuk dua gol terakhir Indonesia, lewat lemparan ke dalam jarak jauhnya yang memaksa kiper Timor Leste Georgino Mendonca meninju bola masuk ke gawangnya sendiri serta lewat umpan dari sisi kiri yang membuat Filomeno Junior mencetak gol bunuh diri. Skor 4-1 pun bertahan hingga pertandingan berakhir. Selanjutnya, Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Timor Leste masih di laga persahabatan resmi FIFA di venue yang sama pada hari Minggu, 30 Januari 2022 mendatang. (Ridho)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...