Badai Covid-19 Menerjang Klub Liga 1 Indonesia, 52 Pemain Positif! - TrueID

Badai Covid-19 Menerjang Klub Liga 1 Indonesia, 52 Pemain Positif!

TrueID IndonesiaFebruary 2, 2022

Setelah menerpa Liga dan klub-klub di Eropa, badai Covid-19 akhirnya kini mampir juga ke Liga 1 Indonesia. Setelah sebelumnya Persib Bandung terpaksa bermain tanpa sembilan pemain utamanya ketika menghadapi Tira Kabo akhir pekan lalu, kali ini Satgas Covid-19 kembali mengumumkan kabar mengejutkan bahwa hingga saat ini total sudah ada 52 pemain plus 16 orang official yang dinyatakan positif Covid-19.

Dalam konferensi pers via Zoom hari Selasa (1/2) sore kemarin, Satgas Covid-19 yang diwakili Dr. Alfan Nur Asyhar didampingi Direktur Operasional PT. Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno mengungkapkan tambahan jumlah kasus Covid-19 diantara para pemain yang kemudian memaksa satu pertandingan yaitu Madura United kontra Persipura Jayapura terpaksa harus ditunda karena Madura United hanya memiliki 14 orang pemain yang fit.

"Saya sampaikan, untuk total tim yang sekarang ada terjangkit positif konfirmasi, kami catat ada 12 tim tapi dengan porsi pemain dan ofisial yang berbeda-beda. Dari 12 tim tadi ada 68 orang isolasi, terdiri dari 52 pemain dan 16 ofisial," ujar Alfan dalam konferensi pers, hari Selasa (1/2) sore WIB seperti dikutip dari detiksport.

Sementara itu meski sebelumnya didapati beberapa pemainnya terkena Covid-19, Arema FC tetap menjalani laga menghadapi Persela Lamongan hari Selasa (1/2) kemarin. Menurut Dr. Alfan, Arema termasuk yang memiliki perkembangan paling bagus karena pemain-pemainnya bisa pulih dengan cukup cepat. Selain itu setelah dilakukan dua kali Swab Antigen, tidak ada lagi pemain lain yang tertular sehingga laga mereka bisa dilangsungkan tanpa harus ditunda. 

"Kami catat untuk arema sendiri tingkat kesembuhannya ternyata berbeda-beda. Dari awal CT value yang berbeda- beda ternyata menentukan kesembuhan yang berbeda juga. Kami catat ada yang 5 hari, 10 hari, dan 14 hari, sehingga untuk menyelesaikan bisa bersih kurang lebih 5 sampai 14 hari," ungkap Dr. Alfan.



"Kemudian yang tim lain juga, karena ini atlet, kami catat ada yang bahkan di tiga hari, 5 hari cukup. Untuk isolasi dari daerah Kuta dan Ubud, semuanya suplemen dan obat kami pantau dan berikan dokter Satgas seperti itu."

Sejauh ini, pihak Satgas Covid-19 sendiri tidak merinci klub-klub dan pemain mana saja yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelumnya PSSI sempat mengumumkan dari 52 pemain yang positif, 19 pemain diantaranya adalah dari Madura United, sembilan pemain Persib Bandung, Arema FC lima orang pemain, Persija Jakarta dua orang, Persebaya Surabaya tiga orang pemain, PS Sleman tiga pemain dan Persiraja Banda Aceh tiga orang pemain.

Beberapa kabar sempat bermunculan malam tadi jika jumlah positif ini kembali bertambah setelah hasil PCR keluar namun begitu belum ada pengumuman resmi soal jumlah tambahan ini dari pihak Satgas Covid-19. Sedangkan pihak PT. Liga Indonesia Baru juga sejauh ini belum memiliki rencana untuk menghentikan liga dan tetap melangsungkannya sesuai jadwal. (Ridho)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...