Shin Tae-yong Setuju, Kevin Diks Selangkah Lagi Dinaturalisasi - TrueID

Shin Tae-yong Setuju, Kevin Diks Selangkah Lagi Dinaturalisasi

TrueID IndonesiaFebruary 9, 2022

Timnas Indonesia kembali kemungkinan besar akan mendapatkan tambahan berharga dari pemain naturalisasi. Setelah Jordi Amat dan Sandy Walsh yang disebut sudah melengkapi dokumen sebagai bentuk kesediaannya menjadi WNI, kali ini giliran satu pemain lagi yaitu Kevin Diks Bakarbessy yang dikabarkan siap bergabung dengan Timnas Indonesia. Kabar bersedianya Diks untuk menjadi WNI dan membela Timnas disampaikan langsung oleh anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

Menurut Hasani, Diks sebelumnya memang sudah ditawari untuk menjadi WNI namun saat itu belum memberikan tanggapan. Karena itulah kemudian pelatih Timnas Shin Tae-yong merekomendasikan nama lain yaitu Ragnar Oratmangun untuk dinaturalisasi terlebih dahulu. Namun kini ketika Diks sudah memberikan respon, Shin pun berubah pikiran dan meminta agar PSSI mengurus masalah kewarganegaraan Diks.

"Waktu itu kan, Kevin kurang respons, lalu 2 minggu lalu dia respons, meski belum konfirmasi [secara resmi]. Dari situ, 2 minggu lalu, saya tanya ke Coach maunya siapa, 'Ragnar atau Diks?'. Saya bilang, Diks akhirnya respons, dan ya, sudah, Kevin Diks lagi Shin maunya," ungkap Hasani seperti dikutip dari Kumparan.com.

Pemilihan Diks oleh Shin Tae-Yong sendiri memang sempat dipertanyakan karena pemain berusia 25 tahun tersebut sebenarnya berposisi sebagai bek kanan, posisi dimana sebelumnya sudah ada Asnawi Mangkualam dan kini Sandy Walsh. Namun begitu Diks juga pemain yang disebut serba bisa karena bisa juga beroperasi di bek kiri bahkan tengah.

"Memang, Shin tampaknya konsentrasi ke pertahanan. Saya enggak tahu strategi dia apa. Bisa saja dia mau pakai strategi [yang banyak] gelandang bertahan dan bek," tambah Hasani.

Kevin Diks mengawali karir sepakbolanya di Belanda bersama Vitesse dan bergabung dengan skuat senior pada tahun 2014 hingga 2016. Setelah itu pemain kelahiran 6 Oktober 1996 tersebut pindah ke Serie A bersama Fiorentina. Sayangnya di La Viola, Diks jarang mendapatkan kesempatan bermain dan akhirnya bergabung ke klub Denmark, FC Copenhagen sejak Juli 2021. Di Copenhagen, Diks baru mendapatkan kesempatan menjadi pilihan utama dengan total bermain di 26 pertandingan di seluruh kompetisi dan sudah mencetak 7 gol dan 8 assist. (Ridho)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...