Siapa Itu Ralf Rangnick? Melihat Lebih Dekat Manajer Baru MU - TrueID

Siapa Itu Ralf Rangnick? Melihat Lebih Dekat Manajer Baru MU

TrueID IndonesiaNovember 30, 2021

Klub raksasa Inggris, Manchester United resmi menunjuk Ralf Rangnick sebagai manajer interim, satu pekan setelah memecat Solskjaer. Akan tetapi, manajer berusia 62 tahun tersebut tidak pernah melatih sejak 2018, dan hanya segelintir orang yang pernah mendengar namanya. Mari melihat informasi dari Ralf Rangnick, orang yang mendapat julukan Profesor sepakbola.

null

Sumber foto: Twitter resmi Manchester United (https://twitter.com/ManUtd)

Ralf Rangnick memiliki rekor yang luar biasa di Jerman, usai melatih beberapa klub Bundesliga seperti Schalke 04, Hoffenheim dan RB Leipzig. Saat masih melatih, dia dikenal sebagai bapak dari Gegenpressing, taktik yang saat ini menjadi andalan manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Gegenpressing adalah taktik sepakbola yang melibatkan tekanan intensitas tinggi untuk memenangkan bola di daerah lawan. 

Meskipun Rangnick belum pernah memenangkan gelar penting seperti Bundesliga atau Liga Champions, dia dianggap pelatih sukses apabila melihat klub yang dilatihnya. Dia membawa Ulm dan Hannover promosi ke Bundesliga dan juga pernah memenangkan piala Intertoto bersama Stuttgart pada tahun 2000.

Usai melatih Hannover pada 2001 sampai 2004 dia pernah dua kali melatih Schalke 04. Dia membimbing Schalke menjadi runner-up Bundesliga 2004/05 sebelum memenangkan Piala Liga Jerman dan Piala Super Jerman pada 2011. Dia juga membimbing Schalke ke semi-final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub pada 2011.

Ragnick pernah menjabat sebagai direktur sepakbola RB Leipzig pada 2012 sampai 2015. Dia mulai menjadi manajer pada 2015 dan langsung bawa RB Lepizig promosi ke Bundesliga. Meski digantikan oleh Ralph Hasenhüttl di musim pertama RB Leipzig di Bundesliga, klub tersebut langsung finis di posisi dua Bundesliga pada musim pertamanya. Hal tersebut menunjukkan perkembangan yang dibuat oleh Rangnick. Pada 2018, dia kembali melatih RB Leipzig dan membimbing mereka ke peringkat tiga Bundesliga dan mencapai final Piala Jerman.

Usai melatih RB Leipzig, dia menjadi direktur olah raga RB Salzburg dan RB Leipzig. Setelah itu dia bergabung dengan Lokomotiv Moscow sebagai direktur olah raga musim panas lalu sebelum kembali menjadi manajer bersama Manchester United. Kita tidak tahu apa yang akan dilakukannya di Manchester United, tapi satu hal yang pasti dia adalah manajer yang luar biasa. (Chad)

Lionel Messi Raih Gelar Ballon d'Or 2021

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...