Menang Adu Penalti, Mesir ke Babak Final Piala Afrika - TrueID

Menang Adu Penalti, Mesir ke Babak Final Piala Afrika

TrueID IndonesiaFebruary 4, 2022

Mesir memastikan satu tempat di partai Final Piala Afrika 2021 usai lewat pertarungan yang panjang hingga babak adu penalti mereka akhirnya sukses mengalahkan tuan rumah Kamerun dengan skor 3-1 (0-0) dalam laga yang berlangsung di Stadion Paul Biya, Jumat (4/2) dini hari WIB. Penjaga gawang Mesir Mohamed Abou Gabal menjadi pahlawan kemenangan timnya usai sukses menggagalkan dua tendangan penalti Kamerun yang memastikan kemenangan bagi Mesir.

Berambisi tampil di partai final di hadapan pendukungnya sendiri, Kamerun langsung mengambil inisiatif serangan sejak laga baru dimulai. Sundulan Michael Ngadeu nyaris saja memberikan keunggulan untuk Kamerun di menit ke-18 namun sayangnya masih membentur mistar gawang. Nicolas Moumi juga mendapatkan peluang pada menit ke-32 namun Abou Gabal sukses menepisnya. hingga babak pertama berakhir skor tidak berubah, tetap imbang tanpa gol.

Mohamed Salah hampir membawa Mesir unggul memanfaatkan blunder pemain belakang namun penjaga gawang Kamerun Andre Onana dengan sigap bisa mengamankan bola. Di sisa laga, Kamerun terus mengurung pertahanan Mesir. Tercatat ada dua peluang emas dari sundulan Martin Hongla dan tembakan jarak jauh Samuel Oum Gouet namun masih bisa digagalkan kiper dan mistar gawang. Hingga 90 menit pertandingan berakhir skor pun masih belum juga berubah dan laga berlanjut ke babak tambahan 2x15 menit.

Pada babak extra time, Mesir memiliki dua peluang untuk memecah kebuntuan. Tetapi tembakan Salah masih melebar sementara umpan cantik Ramadhan Shobi dua menit jelang pertandingan berakhir gagal dimanfaatkan para pemain depan Mesir. Skor imbang tanpa gol setelah babak tambahan usai memaksa laga harus ditentukan pemenangnya lewat babak adu penalti.

Di babak tos-tosan inilah penjaga gawang Mesir tampil gemilang. Kapten Kamerun, Vincent Aboubakar sempat membobol gawang Abou Gabal di kesempatan pertama namun kemudian skor disamakan Mesir lewat eksekusi Zizo. Setelah itu dua penendang Kamerun yaitu Harold Moukoudi dan James Lea Saliki berturut-turut tembakannya berhasil digagalkan Abou Gabal sementara sebaliknya Mohamed Abdul Monem dan Mohamad Lasheen membawa Mesir unggul 3-1. Di eksekusi keempat, Clinton N’Jie gagal melakukan tugasnya yang akhirnya memastikan kemenangan bagi Mesir.

Dengan kemenangan dramatis ini, The Pharaohs berhak melaju ke babak Final Piala Afrika 2021 dan akan menghadapi Senegal yang di laga sebelumnya mengalahkan Burkina Faso dengan skor 3-1. Babak Final Piala Afrika 2021 sendiri akan dilangsungkan pada hari Senin, 7 Februari 2022 pukul 02.00 WIB di Stadion Olembe. (Ridho)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...