Kalahkan Spanyol, Prancis Juara UEFA Nations League!

TrueID IndonesiaOctober 11, 2021

Prancis memastikan diri keluar sebagai juara UEFA Nations League 2021 usai meraih kemenangan atas Spanyol dengan skor 2-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Giuseppe Meazza, Milan hari Senin (11/10) dini hari WIB. Les Blues menjadi juara di edisi kedua Liga-liga Negara Eropa ini setelah di gelaran pertama lalu pada musim 2018/2019 Portugal keluar sebagai jawara.

Meski berstatus partai final, nyatanya laga Spanyol dan Prancis berlangsung cukup datar dan cenderung membosankan di sepanjang babak pertama. Bahkan hingga 45 menit babak pertama berakhir, bukan hanya tidak ada gol tercipta namun nyaris tanpa peluang berarti dari kedua tim. Spanyol yang memenangkan penguasaan bola lebih dari 60 persen cuma melepaskan satu tembakan ke arah gawang, sementara Prancis tidak berhasil membuat satupun shoot on target di babak pertama.

null

Sumber Foto: Twitter Official UEFA Nations League (twitter.com/EURO2024)

Permainan mulai menarik ketika babak kedua dimulai. 20 menit usai turun minum, Spanyol akhirnya memecah kebuntuan lewat aksi Mikel Oryazabal yang berhasil melepaskan diri dari kawalan Dayot Upamecano dan melepaskan tembakan kaki kiri mendatar menaklukkan Hugo Lloris, 1-0 untuk Spanyol. Akan tetapi, keunggulan Spanyol hanya bertahan dua menit saja usai tembakan melengkung cantik dari Karim Benzema bersarang mulus di pojok atas gawang Unai Simon dan membuat laga kembali sama kuat. 

Petaka untuk Spanyol akhirnya terjadi di menit ke-80, usai umpan terobosan Theo Hernandez diteruskan oleh Kylian Mbappe yang tinggal berhadapan dengan Unai Simon dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang Spanyol. Gol ini sendiri sempat menjadi perdebatan karena posisi Mbappe saat menerima bola dari Hernandez dari tayangan ulang sudah offside. Namun begitu usai memeriksa proses terjadinya gol tersebut lewat VAR, wasit tetap mensahkan gol itu dan Prancis pun berbalik unggul 2-1.

----------

Trailer Original Series Terbaru TrueID - Pelet 

----------

Di sisa laga, Spanyol terus berusaha mengejar ketinggalan namun hingga peluit tanda pertandingan berakhir dibunyikan tidak ada lagi gol tambahan tercipta dan Prancis pun keluar sebagai Juara UEFA Nations League musim ini. Bagi Prancis, ini adalah trofi major ketujuh mereka sepanjang sejarah setelah sebelumnya Tim Ayam Jantan berhasil meraih dua kali juara Piala Eropa (1984 dan 2000), dua kali Piala Konfederasi (2001 dan 2003) serta dua kali Piala Dunia (1998 dan 2018). Gelar juara ini juga sekaligus mengobati kekecewaan skuat Didier Deschamps yang di Piala Eropa 2020 lalu gagal total bahkan tersingkir lebih awal di babak 16 besar.

Sementara itu di laga perebutan tempat ketiga, Italia berhasil mengobati kekecewaan mereka terhenti di babak semifinal dengan mengalahkan Belgia 2-1 dalam laga yang berlangsung di Allianz Stadium. Gol tembakan keras Nicolo Barella serta penalti Domenico Berrardi sudah cukup untuk memastikan skuat Roberto Mancini untuk mengakhiri perlawanan The Red Devils. (Ridho)

undefined

5 Gol Terbaik Kylian Mbappe di Paris Saint-Germain

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...