Kalahkan Mesir, Senegal Jadi Juara Piala Afrika 2021 - TrueID

Kalahkan Mesir, Senegal Jadi Juara Piala Afrika 2021

TrueID IndonesiaFebruary 6, 2022

Senegal berhasil mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya menjadi juara Afrika, usai dalam laga Final Piala Afrika 2021 Les Lions de la Teranga sukses mengalahkan Mesir dengan skor 4-2 lewat adu penalti dalam laga yang berlangsung di Stadion Stade Omnisport Paul Biya, Senin (7/2) dini hari WIB. From zero to hero, Sadio Mane menjadi pahlawan kemenangan lewat eksekusi penalti terakhir setelah sebelumnya di waktu normal, pemain Liverpool ini gagal mencetak gol juga dari titik putih.

Senegal memang begitu dominan sejak laga baru dimulai. Di menit ke-7, skuat asuhan Aliou Cisse ini bahkan seharusnya sudah bisa unggul setelah mendapatkan hadiah penalti usai Saliou Ciss dijatuhkan di kotak terlarang oleh Mohamed Abdel Monem. Namun Mane yang menjadi eksekutor gagal melakukan tugasnya usai tembakannya ditepis kiper Mesir, Mohamed Abou Gabal. Sementara itu peluang emas juga didapat Mesir di akhir babak pertama lewat Mohamed Salah namun sayang masih bisa digagalkan Edouard Mendy.

Babak kedua, lagi-lagi Abou Gabal menggagalkan peluang emas Senegal dari tembakan Famara Diedhiou di menit ke-56. Mesir juga memiliki sejumlah peluang namun sundulan Abdelmonem masih belum juga bisa menjebol gawang Senegal. Hingga babak kedua berakhir skor belum berubah imbang tanpa gol yang memaksa laga harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Di babak tambahan, Abou Gabal tampil brilian dengan lagi-lagi menggagalkan dua peluang Senegal dari Bamba Dieng. Kiper Zamalek berusia 33 tahun ini memang tampil luar biasa di sepanjang laga dengan menggagalkan delapan usaha Senegal yang membuatnya keluar sebagai pemain terbaik di laga ini. Hingga babak tambahan waktu 2x15 menit usai, skor tidak berubah dan pemenang pun harus ditentukan lewat babak adu penalti.

Di adu penalti, dua eksekutor Mesir yaitu Mohamed Abdelmonem dan Mohamad Lasheen gagal melakukan tugasnya. Sementara dari kubu Senegal hanya Bouna Sarr yang tembakannya bisa ditepis Abou Gabal. Di penendang kelima, Senegal akhirnya memastikan kemenangan berkat eksekusi sempurna Sadio Mane yang langsung disambut luar biasa oleh seluruh pemain, ofisial dan suporter Senegal yang hadir di Stadion.

Ini merupakan kali pertama sepanjang sejarah sepakbola Senegal mereka berhasil keluar sebagai kampiun Afrika. Gelar juara juga semakin lengkap usai dua pemain Senegal, Edouard Mendy dan Sadio Mane masing-masing juga mendapatkan penghargaan pribadi sebagai Penjaga Gawang Terbaik dan Pemain Terbaik di Piala Afrika 2021. (Ridho)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...