Kalahkan Palmeiras, Chelsea Juara Piala Dunia Antarklub 2022! - TrueID

Kalahkan Palmeiras, Chelsea Juara Piala Dunia Antarklub 2022!

TrueID IndonesiaFebruary 12, 2022

Klub Inggris Chelsea berhasil keluar sebagai juara di ajang Piala Dunia Antarklub 2022, usai di babak final The Blues sukses mengalahkan Palmeiras dengan skor 2-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Mohammed Bin Zayed, Abu Dhabi hari Sabtu (12/2) malam WIB. Sempat bermain imbang selama 90 menit waktu normal, Chelsea memastikan gelar juara berkat gol kemenangan dari titik putih di babak tambahan waktu.

Kembali didampingi sang manajer Thomas Tuchel yang baru saja pulih dari Covid-19, Chelsea tampak dominan sejak awal pertandingan. Di menit ke-16 tembakan Mason Mount masih melebar dari sasaran, sementara itu serangan balasan dari Palmeiras tujuh menit kemudian juga masih melayang dari gawang. Di akhir babak pertama, tembakan Thiago Silva nyaris saja membawa Chelsea unggul namun beruntung penjaga gawang Palmeiras, Waverton berhasil mengamankan bola. Hingga babak pertama berakhir skor belum berubah tetap imbang tanpa gol.

10 menit babak kedua baru dimulai, Chelsea akhirnya unggul berkat gol dari sundulan Romelu Lukaku meneruskan umpan matang dari Callum Hudson-Odoi. Namun keunggulan The Blues tak bertahan lama karena tujuh menit kemudian, Palmeiras menyamakan skor lewat eksekusi penalti Raphael Veiga setelah Thiago Silva melakukan handsball di kotak terlarang. Meski saling berbalas serangan, tidak ada lagi gol tercipta di sisa pertandingan dan skor imbang 1-1 memaksa laga harus ditentukan lewat babak tambahan waktu.

Setelah kembali tanpa gol di babak tambahan waktu pertama, Chelsea akhirnya kembali unggul di menit ke-114 berkat eksekusi penalti Kai Havertz. Hukuman penalti diberikan setelah Luan Garcia menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti dan wasit tanpa ampun langsung menunjuk titik putih. Setelah unggul 2-1, Chelsea tidak mengendurkan serangan sementara Palmeiras harus bermain dengan 10 orang pemain setelah Garcia melakukan pelanggaran keras terhadap Havertz. Di sisa laga tak ada lagi gol tambahan tercipta, skor 2-1 membawa Chelsea memastikan gelar juara Piala Dunia Antarklub 2022.

Bagi Chelsea, ini adalah gelar juara Piala Dunia Antarklub pertama mereka sepanjang sejarah. Sebelumnya di tahun 2012 lalu, The Blues juga pernah merasakan babak final Piala Dunia Antarklub namun saat itu mereka menyerah dari Corinthians dan harus puas hanya menjadi runner up saja. Sementara itu dengan keluarnya Chelsea sebagai juara juga melengkapi dominasi klub-klub Eropa di ajang ini. Tercatat, sejak tahun 2013 klub-klub Eropa selalu menjadi juara di Piala Dunia Antarklub dan tim terakhir non Eropa yang berhasil menjadi juara di turnamen ini adalah Corinthians pada tahun 2012. (Ridho)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...