Preview Liga Inggris: Manchester United Bidik Juara Liga

August 10, 2021

null

Sumber Foto: Twitter Official Manchester United (twitter.com/ManUtd)

Manchester United menjalani musim panas yang bisa dibilang hampir sempurna. Hasil sejumlah laga pramusim yang cukup baik, ditambah kondisi para pemain yang minim cedera membuat persiapan skuat Setan Merah untuk menjalani musim baru semakin lengkap.

Belum lagi kesuksesan tim mendatangkan dua bintang baru di bursa transfer, Jadon Sancho dan Raphael Varane. United masih berpotensi menambah minimal satu pemain baru lagi di lini tengah seperti yang banyak dikabarkan media Inggris. Ole Gunnar Solskjaer pantas untuk tersenyum melihat kondisi timnya jelang musim baru dimulai.

Berkaca dari musim lalu, buruknya persiapan di pramusim serta minimnya aktifitas transfer pemain membuat Manchester United sempat terseok di pekan-pekan awal liga. Di laga perdana saja, Harry Maguire cs langsung dipermalukan Crystal Palace di kandang sendiri, belum lagi kemudian mereka juga dipermak Tottenham Hotspur dengan skor telak 1-6 jelang jeda internasional.

Namun kini, kondisi tim bisa dikatakan sangat berbeda jauh dengan musim lalu. Lihat saja laga pra musim terakhir mereka ketika menghajar sesama tim Premier League, Everton dengan skor 4-0 akhir pekan lalu. Bruno Fernandes semakin menunjukkan kematangannya dan terlihat dari gol cantik yang ia cetak dari eksekusi tendangan bebas. Begitu juga Harry Maguire, yang walaupun belum bermain bersama rekan barunya, Raphael Varane tapi makin kokoh di lini pertahanan United. 

----------

Video Rekomendasi: Mono Stereo Bawakan Lagu Adele Versi Elektrik

----------

Satu-satunya yang harus diubah oleh Solskjaer pada timnya adalah mengurangi ketergantungan tim pada sosok Bruno. Cederanya Marcus Rashford, dikhawatirkan membuat tim semakin memusatkan serangannya pada sosok gelandang asal Portugal tersebut. Namun begitu, Solskjaer kini punya jagoan baru di sisi sayap yaitu Jadon Sancho. Sancho memang belum tampil di laga pra musim, belum diketahui juga apakah mantan pemain Borussia Dortmund itu akan langsung nyetel dengan permainan tim. 

Tapi, berbekal pengalamannya ketika bermain di Bundesliga, hingga tampil di Euro 2020 lalu tampaknya tidak akan menjadi masalah bagi pemain berusia 21 tahun itu untuk beradaptasi dengan tim. Ketergantungan The Red Devils pada Fernandes pun bisa saja berkurang dengan keberadaan Sancho, plus semakin matangnya Mason Greenwood serta ketajaman Edinson Cavani di lini depan. Batalnya kepindahan Paul Pogba ke Paris Saint-Germain, serta kembalinya Jesse Lingard dari masa pinjaman juga membuat Solskjaer kini semakin punya banyak pilihan.

Lalu dengan persiapan sempurna serta para pemain yang dalam kondisi terbaik, realistiskah Manchester United berharap menjadi juara pada akhir musim nanti? 

null

Sumber Foto: Twitter Official Manchester United (twitter.com/ManUtd)

Satu masalah pada skuat Setan Merah adalah ketiadaan sosok gelandang bertahan tangguh yang akan membuat lini tengah stabil di setiap laga. Terus mengharapkan duet Fred dan Scott McTominay tentu sudah terbukti gagal pada musim lalu, begitu juga jika mengandalkan Nemanja Matic. Pemain asal Serbia ini memang sangat tangguh di posisi Defensive Midfield namun sayang, usianya yang sudah tidak muda lagi membuat ia tidak bisa terus diandalkan Solskjaer di setiap laga. 

Karena itu, di sisa waktu jendela transfer Manchester United harus serius mengejar seorang gelandang baru jika ingin bersaing menjadi juara musim ini. Sosok seperti Ruben Neves (Wolverhampton) atau Eduardo Camavinga (Rennes) akan menjadi penutup transfer yang sempurna bagi Manchester United sekaligus membuat mereka layak dijagokan untuk menjadi juara Premier League musim depan. (Ridho)

Prediksi posisi akhir: Peringkat tiga

undefined

Wawancara perdana Jadon Sancho sebagai pemain Manchester United

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...