Tantang FIFA, Liverpool Tetap Mainkan Pemain asal Brasil

TrueID Indonesia

September 10, 2021

null

Sumber Foto: Twitter Official Liverpool (Twitter.com/LFC)

Liverpool tampaknya tidak akan menghiraukan ancaman dari FIFA yang melarang para pemain asal Brasil yang berada di skuatnya untuk tampil di laga lanjutan pekan ke-4 Liga Inggris minggu ini. Meski sebelumnya Federasi Sepakbola Brasil (CBF) telah mengajukan permohonan kepada FIFA untuk mengaktifkan hukuman bagi klub yang menolak melepas pemainnya untuk memenuhi panggilan Timnas, The Reds mengindikasikan akan tetap menurunkan para pemain asal Brasil di laga kontra Leeds United akhir pekan ini.

FIFA memang menerapkan aturan pada Pasal 5 seperti permintaan Federasi Sepakbola Brasil yang memaksa para pemain yang tidak memenuhi panggilan Timnas tidak akan bisa membela klubnya selama lima hari terhitung mulai tanggal 10 September 2021.

Padahal di saat jadwal yang cukup ketat seperti saat ini, skuat yang lengkap begitu dibutuhkan setiap tim khususnya Liverpool yang memiliki tiga pemain penting asal Brasil. Dan seperti dilansir dari Sky Sports, Liverpool yakin FIFA tidak memiliki dasar untuk mengaktifkan Pasal 5 karena saat ini situasi dan kondisinya sangat berbeda. 

----------

Video Rekomendasi: Teaser Ritual The Series - Makan Malam

----------

Pandemi Covid-19 menurut Liverpool, seharusnya menjadi bahan pertimbangan bagi FIFA untuk tidak memaksa klub melepas pemain ke negara yang berada di Zona merah Covid-19 terlebih bagi klub asal Inggris dimana Pemerintahnya menerapkan aturan ketat wajib karantina selama 10 hari bagi orang-orang yang datang dari negara zona merah salah satunya dari Brasil. Karena keyakinan FIFA tidak memiliki dasar untuk memberlakukan Pasal 5 ini, Liverpool tampak optimis mereka tidak akan mendapatkan masalah jika tetap memainkan para pemain Brasil akhir pekan ini.

Berdasarkan Pasal 22 FIFA tentang pelanggaran disiplin, jika Liverpool atau klub-klub manapun tetap memaksa untuk memainkan para pemain yang seharusnya dilarang tampil maka tim tersebut akan mendapatkan sanksi berat berupa denda serta dinyatakan kalah 0-3. Namun karena Leeds United juga memiliki pemain asal Brasil yang juga harus mendapatkan sanksi yaitu Raphinha, belum diketahui sanksi apa yang akan dikenakan jika akhirnya The Whites juga menurunkan pemain berusia 24 tahun itu.

Liverpool memang menjadi klub yang paling terdampak paling parah dari pelarangan pemain asal Brasil ini karena mereka terancam tidak bisa diperkuat tiga pemain andalan mereka yaitu Allison, Fabinho dan Roberto Firmino. Karena hal itulah, skuat Jurgen Klopp sepertinya akan mati-matian menghadapi FIFA dan menarik untuk ditunggu apakah pada akhirnya The Reds benar-benar akan menantang Federasi tertinggi di dunia itu soal aturan ini. (Ridho)

undefined

Jordan Henderson menuju status legenda di Liverpool

Loading...
Loading...
Loading...

Artikel Terkait