Statistik yang Bikin De Gea Kiper Terbaik di 5 Liga Top Eropa - TrueID

Statistik yang Bikin De Gea Kiper Terbaik di 5 Liga Top Eropa

TrueID IndonesiaDecember 30, 2021

Beberapa waktu yang lalu, banyak yang berpikiran bahwa karir David De Gea sudah habis. Penjaga gawang asal Spanyol tersebut berulang kali melakukan aksi-aksi blunder yang membuatnya kerap dihujani kritik oleh banyak kalangan. Tidak hanya itu, De Gea bahkan sempat tergeser dari posisi kiper utama ketika Manchester United masih dilatih Ole Gunnar Solskjaer.

null

Sumber foto: Twitter resmi David De Gea (https://twitter.com/D_DeGea)

Kehadiran Dean Henderson kala itu tampil lebih baik darinya. Ketika Henderson cedera, itulah saat di mana De Gea berhasil merebut tempatnya kembali sebagai kiper utama Manchester United. Sampai saat ini dia masih belum tergantikan.

De Gea berulang kali menjadi penyelamat Manchester United musim ini. Pemain berusia 31 tahun tersebut melakukan tujuh penyelamatan saat Setan Merah ditahan imbang 1-1 oleh Newcastle baru-baru ini. Dia juga tampil impresif saat timnya mengalahkan Norwich City 1-0 dan bermain imbang 1-1 melawan Chelsea. Pelatih interim Ralf Rangnick juga memuji De Gea sebagai salah satu kiper terbaik dunia.

Marca menyajikan data yang sangat mengesankan soal De Gea. Menggunakan statistik PSxG-GA (Post-Shot Expected Goal), De Gea berhasil mencegah 7.6 gol yang seharusnya bisa terjadi. PSxG-GA adalah sebuah metrik yang menilai kemampuan penjaga gawang di level yang berbeda. Data tersebut dihitung setelah pemain lawan melepaskan tembakan. 

Berbeda dengan xG (Expected Goal), nilai PSxG-GA diambil berdasarkan arah tembakan. Misalnya, jika dua tembakan diambil dari posisi yang sama, keduanya akan memiliki nilai xG yang sama. Akan tetapi, jika salah satu tembakan adalah tendangan lurus ke arah kiper, sementara tembakan lainnya ke arah sudut atas gawang, yang pertama akan memiliki nilai PSxG-GA yang lebih rendah. Berdasarkan hitungan tersebut, tidak ada kiper yang lebih baik dari De Gea di 5 Liga Top Eropa.

10 Kiper Dengan PSxG-GA Terbaik di 5 Liga Top Eropa

  1. David de Gea, Manchester United: +7.6
  2. Jose Sa, Wolverhampton Wanderers: +6.7
  3. Manuel Riemann, Bochum: +6.4
  4. Stole Dimitrievski, Rayo Vallecano: +5.9
  5. Matias Dituro, Celta Vigo: +4.5
  6. Luis Maximiano, Granada: +4
  7. Mark Flekken, Freiburg: +3.9
  8. Mike Maignan, AC Milan: +3.1
  9. Jasper Cillessen, Valencia: +3.0
  10. Kevin Trapp, Eintracht Frankfurt: +2.3

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...