Ditahan Imbang Singapura, Shin Tae-yong Sebut Pemain Kelelahan - TrueID

Ditahan Imbang Singapura, Shin Tae-yong Sebut Pemain Kelelahan

TrueID IndonesiaDecember 23, 2021

Tim Nasional Indonesia gagal meraih kemenangan dan harus puas hanya mampu bermain imbang 1-1 saat menghadapi Singapura dalam laga semifinal leg pertama Piala AFF 2020 yang berlangsung di National Stadium, Singapura hari Rabu (22/12) malam WIB. Unggul lebih dulu dan bermain sangat baik di sepanjang babak pertama, skuat Garuda gagal mempertahankan intensitas permainan dan akhirnya tidak mampu memastikan kemenangan di laga ini.

null

Sumber Foto: Website Official AFF Suzuki Cup (affsuzukicup.com)

Sama seperti saat menghadapi Malaysia, Indonesia langsung bermain menekan sejak laga baru dimulai. Meski belum menemui sasaran namun berbagai upaya yang dilakukan para pemain cukup membuat repot lini pertahanan tuan rumah. Lewat sebuah kerjasama cantik satu dua dengan Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-28 dan membawa Indonesia unggul 1-0. Setelah gol tersebut, sebenarnya ada beberapa peluang yang seharusnya bisa berujung gol namun hingga babak pertama berakhir skor tetap tidak berubah untuk keunggulan Indonesia.

Di babak kedua pelatih Indonesia, Shin Tae-yong menurunkan Elkan Baggott dan Ezra Wallian sementara Singapura memilih untuk menambah pemain di lini pertahanan. Hasilnya, The Lions tampak nyaman dalam bertahan dan berbagai serangan Indonesia berhasil dimentahkan. Sebaliknya, keasyikan menyerang justru membuat lini pertahanan Indonesia lengah dan hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Ikhsan Fandi yang mencetak gol penyama pada menit ke-70 meneruskan umpan terobosan Faris Ramli. Meski kedua tim saling berbalas serangan di sisa laga, tidak ada lagi gol tercipta dan skor imbang 1-1 menghiasi hasil akhir pertandingan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong sendiri tampak cukup kecewa dengan hasil yang diraih anak asuhnya pada pertandingan ini. Shin menyebut, alasan kelelahan menjadi faktor utama buruknya konsistensi permainan Timnas khususnya di babak kedua. Namun begitu, ia tetap optimis di leg kedua para pemain akan bangkit dan kini fokusnya adalah mengembalikan kebugaran seluruh pemain.

CUPLIKAN PIALA AFF 2020: Singapura 1-1 Indonesia

“Pastinya tidak memuaskan hasil laga ini. Saya sudah menduga-duga juga, ada saatnya capek sekali dan inilah saatnya itu. Memang lebih baik capek sekarang, jadi bisa lebih baik untuk laga selanjutnya,” ungkap Shin Tae-Yong dalam konferensi pers nya pasca pertandingan.

“Ini harinya, saatnya susah dan sulit atau bisa capek secara fisik. Jadi memang, babak pertama dan kedua sama-sama terlihat lelah. Akhirnya membuat Singapura lebih banyak menyerang. Masih ada waktu untuk pemulihan pemain, kami akan lakukan persiapan yang lebih baik,” lanjutnya.

Indonesia dan Singapura sendiri selanjutnya akan bertemu di laga penentu yaitu Leg kedua pada hari Sabtu, 25 Desember 2021 pada pukul 19.30 WIB di National Stadium. Karena tidak adanya aturan gol tandang pada turnamen Piala AFF 2020, jika laga kembali berakhir imbang dengan skor berapapun maka pertandingan akan berlanjut ke babak tambahan dan adu penalti.

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...