Lima Pemain Cetak Gol, Indonesia Hajar Laos 5-1 - TrueID

Lima Pemain Cetak Gol, Indonesia Hajar Laos 5-1

TrueID IndonesiaDecember 12, 2021

Tim Nasional Indonesia meraih kemenangan keduanya di Piala AFF 2020 usai mengalahkan Laos dengan skor telak 5-1 dalam laga yang berlangsung di Bishan Stadium Singapura, Minggu (12/12) sore WIB. Lima pemain berbeda Indonesia menjadi pencetak 5 gol di laga ini, diantaranya Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Wallian dan Evan Dimas Darmono.

null

Sumber Foto: Website Official AFF Suzuki Cup (affsuzukicup.com)

Meski sudah dipastikan gagal melaju ke babak semifinal, Laos tetap bermain ngotot dan disiplin terutama dalam menggalang lini pertahanannya. Skuat Garuda pun dibuat kesulitan untuk mencetak gol dan baru di menit ke-23 lewat eksekusi penalti Asnawi Mangkualam bisa membuka skor. Penalti didapat Indonesia usai bek Alfreanda Dewangga dilanggar di kotak penalti. Asnawi kemudian berperan penting atas terciptanya gol kedua Indonesia lewat assistnya yang diteruskan dengan mudah oleh Irfan Jaya di menit ke-35.

Laos yang di sepanjang turnamen Piala AFF belum pernah mencetak gol bahkan di laga ini sebelumnya tidak mendapatkan tembakan ke arah gawang, akhirnya berhasil mencetak gol di usaha pertama mereka memanfaatkan skema serangan balik yang diakhiri tembakan keras terarah Kydavone Souvanny di menit ke-41. Skor 2-1 untuk Indonesia bertahan hingga babak pertama berakhir.

CUPLIKAN PERTANDINGAN LAOS VS INDONESIA

Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan dengan memainkan Elkan Baggott dan Witan Sulaeman menggantikan Rahmat Irianto dan Kushedya Hari Yudo. Witan langsung mencatatkan namanya di daftar pencetak skor lewat tembakan mendatar menyambut umpan matang Irfan Jaya pada menit ke-56. Ezra Wallian kemudian menambah gol sekaligus gol perdananya untuk Indonesia sepanjang karirnya lewat tembakan keras jarak dekat di menit ke-77.

Evan Dimas akhirnya menutup pesta gol kemenangan Indonesia lewat sontekan meneruskan umpan brilian Alfreanda Dewangga enam menit jelang pertandingan berakhir. Di akhir laga Indonesia bisa saja menambah gol namun begitu sundulan Elkan Baggott masih membentur tiang sementara tembakan keras Asnawi masih bisa ditepis kiper Laos. Dengan kemenangan ini, Indonesia meraih enam poin dan untuk sementara berada di puncak klasemen Grup B dengan poin 6 unggul selisih gol dari Vietnam dan Malaysia. (Ridho)

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...