Penuh Drama, Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020! - TrueID

Penuh Drama, Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020!

TrueID IndonesiaDecember 25, 2021

Lewat sebuah perjuangan yang panjang dan penuh drama selama 120 menit, Tim Nasional Indonesia akhirnya berhasil melaju ke partai puncak Piala AFF 2020 usai di babak semifinal mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 dalam laga yang berlangsung di National Stadium, Singapura hari Sabtu (25/12) malam WIB. Meski unggul jumlah pemain menghadapi Singapura yang mendapatkan tiga kartu merah namun Indonesia dipaksa harus bersusah payah bahkan baru bisa memastikan kemenangan di babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

null

Sumber Foto: Website Official AFF Suzuki Cup (affsuzukicup.com)

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong menurunkan skuat yang hampir sama dengan laga di leg pertama lalu, namun dua pemain yang dicadangkan di laga sebelumnya yaitu Ezra Wallian dan Ramai Rumakiek dimainkan sejak awal menggantikan posisi Dedik Setiawan dan Irfan Jaya. Selain itu Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott juga mengawali laga dari bangku cadangan, dan baru dimainkan di pertengahan babak kedua. 

Perubahan strategi tersebut cukup ampuh setelah Indonesia unggul lebih dulu di menit ke-11 lewat sontekan Ezra usai memanfaatkan umpan dari Witan Sulaeman yang sebelumnya sukses mengelabui bek Singapura. Setelah gol tersebut, Indonesia terus menguasai laga namun belum ada usaha yang tepat sasaran. Di akhir babak pertama, sebuah insiden di pertahanan Indonesia berbuntut kartu merah pertama untuk Singapura oleh Safuwan Baharudin setelah ia mendapatkan kartu kuning kedua karena mendorong pemain Indonesia Risky Ridho saat Singapura akan melakukan tendangan bebas. Namun sayangnya, hanya berselang beberapa menit dari insiden tersebut The Lions justru sukses mencetak gol penyama lewat kemelut di depan gawang yang diakhiri tembakan keras Song Ui-young di akhir babak pertama.

Bermain dengan jumlah pemain yang lebih banyak di babak kedua seharusnya membuat Indonesia lebih nyaman memainkan bola. Akan tetapi Asnawi Mangkualam cs justru gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, meski pada menit ke-67 Singapura lagi-lagi kehilangan pemain setelah Irfan Fandi mendapatkan kartu merah langsung karena menyikut Irfan Jaya yang menjadi pemain terakhir. Bermain 11 lawan 9 pemain, Indonesia malah kebobolan lagi di menit ke-74 lewat tendangan bebas brilian Shahdan Sulaiman yang bersarang mulus di pojok atas gawang Nadeo Argawinata.

Setelah gol tersebut, Indonesia melakukan segala cara untuk mencetak gol penyama namun tampak gugup dan tidak tenang di sepertiga akhir yang membuat sejumlah usaha mentah. Akhirnya di menit ke-87, Indonesia baru bisa bernafas lega setelah Pratama Arham mencetak gol penyama memanfaatkan bola muntah tembakan Witan yang sebelumnya mengenai tiang. Petaka hampir saja membayangi skuat Garuda setelah Singapura mendapatkan hadiah penalti di menit ke-89 namun aksi Nadeo sukses menggagalkan penalti Farris Ramli dan laga pun harus berlanjut hingga babak perpanjangan waktu.

Hanya butuh satu menit usai babak perpanjangan waktu dimulai bagi Indonesia untuk kembali berbalik unggul lewat gol bunuh diri Shawal Anhar yang gagal mengantisipasi bola dari Egy. Dan di menit akhir babak pertama perpanjangan waktu, Egy akhirnya mencatatkan namanya di papan skor lewat sontekan jarak dekat meneruskan bola hasil tendangan penjuru. Di sisa laga pada babak kedua perpanjangan waktu, Indonesia sebenarnya berpeluang mendapatkan gol tambahan terlebih di akhir laga kiper Hassan Sunny yang tampil luar biasa sepanjang laga juga mendapatkan kartu merah karena melanggar Irfan Jaya. Namun hingga laga berakhir tidak ada gol tambahan dan Indonesia memastikan kemenangan dan satu tiket di babak Final Piala AFF 2020.

Selanjutnya di babak Final, Indonesia masih menunggu pemenang antara Vietnam dan Thailand yang baru memainkan leg keduanya hari Minggu (26/12) malam WIB di stadion yang sama. Saat ini, Thailand sudah unggul agregat 2-0 dan hanya butuh minimal hasil imbang atau kalah tidak lebih dari satu gol untuk lolos ke final. Babak final sendiri akan digelar kembali dalam dua leg yaitu pada tanggal 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 mendatang. (Ridho)

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...