3 Pemain Muda Potensial Indonesia di Piala AFF 2020 - TrueID

3 Pemain Muda Potensial Indonesia di Piala AFF 2020

TrueID IndonesiaNovember 30, 2021

Tim Nasional Indonesia datang dengan wajah yang berbeda di Piala AFF 2021. Jika sebelumnya skuat Garuda selalu mengandalkan wajah-wajah pemain senior yang kerap bolak balik mengisi susunan pemain utama Timnas, khusus di edisi kali ini pelatih Timnas Shin Tae-yong ternyata lebih memilih banyak pemain muda untuk masuk ke dalam timnya. Mantan pelatih kepala Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu ini bahkan tidak segan mengandalkan para pemain muda tersebut di tim utama.

null

Sumber Foto: Website Official PSSI (pssi.org)

Seperti yang terlihat sejak Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu hingga sejumlah laga uji coba di Turki, Shin memang begitu mempercayakan para pemain muda untuk menjadi tulang punggung Timnas Senior. Ia bahkan juga tidak segan menunjuk Asnawi Mangkualam yang masih berusia 22 tahun untuk menjadi kapten tim setelah Evan Dimas. Dengan dihuni begitu banyak pemain muda, terdapat beberapa diantaranya yang diprediksi bakal bersinar dan sangat potensial di Piala AFF 2021. Berikut 3 pemain muda potensial Timnas Indonesia di Piala AFF 2021 versi Tim TrueID Indonesia.

Elkan Baggott (Bek/Ipswich Town/19 Tahun)

Sempat diragukan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia setelah berkali-kali mangkir dari panggilan untuk mengikuti Pemusatan Latihan (TC), Elkan Baggott akhirnya secara resmi menjadi bagian dari skuat Garuda bahkan telah mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai bentuk keseriusannya menjadi warga Indonesia dan membela Timnas.

Pemain bernama lengkap Elkan Willian Tio Baggott ini pun telah menjalani debutnya bersama Timnas Senior di laga uji coba resmi FIFA menghadapi Afghanistan beberapa waktu lalu dan tampil luar biasa di lini pertahanan Skuat Merah Putih. Dengan tinggi badan hampir mencapai 194cm Elkan memenangkan mayoritas pertarungan bola-bola atas.

Dengan teknik yang ia miliki, operan-operan yang ia lepaskan pun selalu akurat dan tepat sasaran, begitu juga kemampuan tekel yang membuat dirinya memiliki atribut nyaris lengkap sebagai seorang bek tangguh. Bersama Risky Ridho, ataupun dipasangkan dengan dua bek senior macam Victor Igbonefo dan Fachrudin Aryanto, Elkan bisa membuat lini pertahanan Indonesia bagai tembok yang akan sangat sulit ditembus siapapun lawannya di Piala AFF 2021 nanti.

Elkan juga berpotensi bisa mencetak gol dari bola mati karena memiliki tinggi yang jauh di atas rata-rata pemain Asia Tenggara dan menjadi keuntungan bagi Indonesia jika mendapatkan tendangan penjuru atau tendangan bebas. Dengan segala kelebihan ini, Elkan pun diprediksi akan menjadi salah satu bintang yang bersinar tidak hanya di Indonesia tapi Asia Tenggara. 

Witan Sulaeman (Tengah/Lechia Gdansk/20 Tahun)

Masih berusia 20 tahun, Witan Sulaeman sudah mendapatkan kepercayaan dari pelatih Shin Tae-Yong untuk membela Timnas Senior dan hampir tidak tergantikan posisinya di sisi sayap Garuda. Dengan kecepatan, teknik dan keberanian yang ia miliki, Witan selalu menyulitkan para bek lawan untuk menahannya.

Salah satu gol yang paling diingat, tentu saja ketika pemain yang saat ini membela Lechia Gdansk ini mencetak gol solo ke gawang Uni Emirat Arab di Piala Asia U-23. Dengan kecepatan, kemampuan menggiring bola dan finishing akuratnya saat itu membuat para pemain bertahan UEA kocar-kacir dan akhirnya harus menyerah dari Indonesia. Dan dengan kemampuannya inilah, Witan digadang akan membuat skuat Indonesia yang sejak dulu selalu ditakuti karena memiliki kecepatan akan kembali diperhitungkan karena keberadaannya. 

Egy Maulana Vikri (Depan/FK Senica/21 Tahun)

Skill dan teknik, kecepatan, ketepatan mengambil keputusan adalah beberapa atribut yang dimiliki Egy Maulana Vikri. Tak heran jika kini keberadaannya di klub Slovakia, FK Senica seolah tak tergantikan. Bahkan Senica sempat enggan melepaskan ke Piala AFF 2021 karena akan membuat klub kekurangan amunisi di sisi penyerangan, sebelum kemudian setelah bernegosiasi dengan PSSI pihak klub akhirnya mengizinkannya untuk terbang ke Singapura.

Egy memang tidak bisa dibantah, telah menjadi bintang Timnas Indonesia saat ini. Dan di Piala AFF 2021 kali ini, dengan perannya yang semakin penting jelas Egy akan menjadi sorotan utama yang berpotensi menyumbangkan assist dan gol penting bagi Timnas Indonesia. Duetnya bersama Witan di sisi sayap Timnas akan menjadi ancaman siapapun bek lawan nantinya.

Sama-sama cepat, memiliki keberanian untuk menusuk ke tengah hingga melepaskan umpan atau tembakan yang sulit diprediksi lawan tentu akan menjadi senjata utama Timnas Indonesia nantinya. Egy kini hanya harus menjaga performanya agar bisa konsisten di setiap laga, serta tentu saja mengasah penyelesaian akhir yang selama ini menjadi masalah utamanya. Jika hal-hal tersebut sukses ia poles, maka bukan mustahil Egy bisa saja keluar sebagai pemain terbaik atau pencetak gol terbanyak di AFF kali ini. (Ridho)

Aksi Solo Run Gokil dari Egy Maulana di FK Senica

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...