Bantai Malaysia, Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF - TrueID

Bantai Malaysia, Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF

TrueID IndonesiaDecember 19, 2021

Indonesia berhasil memastikan satu tiket ke babak semifinal Piala AFF 2020, usai di partai penentuan pada babak fase grup Timnas sukses meraih kemenangan telak 4-1 atas Malaysia dalam laga yang berlangsung di National Stadium, Singapura hari Minggu (19/12) malam WIB. Menghadapi rival abadi di zona Asia Tenggara ditambah sempat tertinggal lebih dulu tidak menurunkan semangat dan mental para pemain yang justru tetap tampil tenang dan berhasil menguasai laga.

null

Sumber Foto: Website Official AFF Suzuki Cup (affsuzukicup.com)

Berbeda dengan saat menghadapi Vietnam, Shin Tae-Yong memilih untuk bermain keluar menyerang di laga kontra Malaysia. Saling berbalas serangan di awal Malaysia justru mampu mencuri gol lebih dulu di menit ke-12. Berawal dari sapuan buruk Irfan Jaya, Kogileswaran Raj langsung melepaskan tembakan roket dari luar kotak penalti yang bersarang telak di gawang Nadeo Argawinata, 1-0 untuk Malaysia.

Tertinggal, Indonesia langsung menaikkan tempo serangan dan sukses membuat para pemain bertahan Malaysia kocar-kacir. Dan di menit ke-36 yang diawali kerjasama tim cantik diakhiri assist brilian Witan Sulaeman, Irfan Jaya membayar lunas blundernya dan membuat skor sama kuat. Irfan Jaya juga yang kemudian membuat skor berbalik untuk Indonesia lewat sontekan jarak dekatnya di menit ke-42 yang sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan Indonesia 2-1.

Di babak kedua, Elkan Baggott yang baru sehari berlatih bersama rekan setimnya usai menjalani masa karantina dimainkan menggantikan Ramai Rumakiek. Kehadiran Elkan membuat lini pertahanan Indonesia cukup nyaman meski beberapa kali mendapatkan tekanan cukup berarti dari Malaysia.

HIGHLIGHTS MALAYSIA 1-4 INDONESIA

Pada menit ke-50, Pratama Arhan memperbesar keunggulan Indonesia melalui tembakan cantik kaki kiri yang kembali menaklukkan Khairul Fahmi di bawah mistar gawang Malaysia. Dan Elkan akhirnya menutup pesta gol Timnas Indonesia melalui sundulan di menit ke-83 memanfaatkan tendangan penjuru dari Evan Dimas yang sekaligus menjadi gol perdana pemain Ipswich Town tersebut untuk negara barunya. 

Dengan kemenangan telak ini, Indonesia berhak melaju ke babak semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B dengan selisih gol +9. Vietnam sebenarnya juga memiliki selisih gol akhir yang sama dengan Indonesia usai menghajar Kamboja dengan skor telak 4-0.

Namun, Tim Garuda tetap keluar sebagai pimpinan klasemen karena memiliki jumlah gol memasukkan yang lebih banyak yaitu 13 gol berbanding Vietnam yang memiliki 9 gol. Di babak semifinal sendiri Indonesia akan ditantang tuan rumah Singapura dalam laga yang berlangsung dua leg pada hari Rabu (22/12) dan Sabtu (25/12) namun bertempat di Stadion yang sama yaitu National Stadium, Singapura. (Ridho)

Jadwal Semifinal

Vietnam vs Thailand (23 dan 26 Desember 2021)

Singapura vs Indonesia (22 dan 25 Desember 2021)

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...