Digempur Habis, Indonesia Sukses Tahan Imbang Vietnam - TrueID

Digempur Habis, Indonesia Sukses Tahan Imbang Vietnam

TrueID IndonesiaDecember 16, 2021

Indonesia meraih hasil imbang tanpa gol saat menghadapi sang juara bertahan Piala AFF Vietnam dalam laga lanjutan Grup B, AFF Suzuki Cup 2020 yang berlangsung di Bishan Stadium, Singapura hari Rabu (15/12) malam WIB.

null

Sumber Foto: Website Official AFF Suzuki Cup (affsuzukicup.com)

Indonesia yang tampil bertahan sejak awal sukses menahan gempuran Vietnam di sepanjang pertandingan sementara Alfreanda Dewangga keluar sebagai pemain terbaik berkat blok-blok sempurnanya di laga ini. Ini juga untuk pertama kalinya Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam setelah di dua laga sebelumnya, selalu kalah dengan skor mencolok 0-3 dan 0-4.

Menghadapi Vietnam yang belum terkalahkan di Asia Tenggara sejak tahun 2018 lalu, Shin Tae-Yong memutuskan untuk memainkan strategi bertahan total sejak pertandingan dimulai. Selain bermain tanpa Elkan Baggott yang absen karena harus menjalani karantina akibat berada di satu pesawat yang sama dengan pasien positif Covid-19 varian Omicron saat menuju ke Singapura, Shin juga memilih untuk mencadangkan Evan Dimas Darmono dan menduetkan Rachmat Irianto serta Alfreanda Dewangga sebagai gelandang.

Pelatih asal Korea Selatan ini kemudian juga menempatkan Fachruddin Aryanto serta Risky Ridho di jantung pertahanan yang berhasil membuat Vietnam kesulitan. The Golden Stars sendiri terus mengurung pertahanan Indonesia meski tidak ada yang berhasil menembus gawang Nadeo Argawinata dan babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

HIGHLIGHTS: INDONESIA 0-0 VIETNAM

Di babak kedua, Evan baru dimainkan oleh Shin Tae-yong, dan hasilnya Skuat Garuda mulai perlahan mengancam pertahanan Vietnam meski tidak cukup berbahaya. Sebaliknya Vietnam masih menguasai permainan dan tercatat memenangkan 70 persen penguasaan bola. 90 menit pertandingan, skuat asuhan Park Hong-Seo melakukan 21 tembakan berbanding Indonesia yang hanya 1, namun begitu segala serangan Vietnam tidak efektif karena hanya 1 saja yang mengarah ke gawang. Hingga laga berakhir, tetap tidak ada gol tercipta dan skor 0-0 menjadi hasil akhir sekaligus laga imbang pertama di sepanjang AFF Cup 2020 kali ini.

Dengan hasil ini, Indonesia masih bertahan di puncak klasemen sementara Piala AFF 2020 Grup B dengan nilai 7 atau sama dengan yang dimiliki Vietnam namun hanya unggul selisih gol 1 saja. Selanjutnya, Tim Garuda akan melakoni laga hidup mati menghadapi Malaysia di pertandingan terakhir hari Minggu, 19 Desember 2021 untuk menentukan tim mana yang akan lolos ke babak semifinal. Evan Dimas cs sendiri hanya butuh minimal hasil imbang untuk mengamankan satu tempat di empat besar turnamen. (Ridho)

Hasil pertandingan Piala AFF 2020, Rabu 15 Desember 2021:

Kamboja 3-0 Laos

Indonesia 0-0 Vietnam

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...