Tahan Imbang Thailand, Indonesia Jadi Runner Up Piala AFF - TrueID

Tahan Imbang Thailand, Indonesia Jadi Runner Up Piala AFF

TrueID IndonesiaJanuary 2, 2022

Tim Nasional Indonesia akhirnya harus puas kembali hanya bisa menjadi runner up Piala AFF 2020, usai dalam laga leg kedua Final bermain imbang 2-2 dengan Thailand dalam laga yang berlangsung di National Stadium Singapura, Sabtu (1/1) malam WIB. Ini merupakan untuk kali keenam Skuat Garuda menjadi runner up di Piala AFF sepanjang sejarah dan gagal meraih satu kalipun gelar juara di ajang paling bergensi antar negara-negara Asia Tenggara tersebut.

null

Sumber Foto: Website Official AFF Suzuki Cup (affsuzukicup.com)

Tampil tanpa empat pemain yaitu Victor Igbonefo, Elkan Baggott, Risky Ridho dan Rizky Dwi yang melanggar aturan bubble dan dilarang tampil oleh pemerintah Singapura, skuat asuhan Shin Tae-Yong sebenarnya mampu bermain sangat baik di sepanjang babak pertama. Berbeda dari leg pertama, Asnawi Mangkualam cs bermain lebih agresif dan tak segan untuk melakukan pressing ketat dan bermain keras yang membuat para pemain Thailand kesulitan untuk mengembangkan permainan. Dan hasilnya, tekanan yang diberikan Indonesia langsung membuahkan hasil usai tembakan mendatar Ricky Kambuaya di menit ke-7 gagal diantisipasi dengan baik oleh kiper Thailand dan bola meluncur mulus ke gawang, 1-0 untuk Indonesia.

Setelah gol tersebut, para pemain Indonesia seperti tersengat. Beberapa kali para pemain Indonesia mendapatkan peluang namun selalu gagal di sepertiga akhir. Sebaliknya Thailand nyaris tanpa peluang berarti. Meski menguasai laga di 45 menit pertama, Indonesia gagal membuat gol kedua dan hingga babak pertama berakhir tidak ada gol tambahan tetap untuk keunggulan Indonesia 1-0.

Pada babak kedua, para pemain Indonesia tampak menurunkan tempo permainan. Tidak terlalu terlihat lagi tekanan hebat seperti di babak kedua yang membuat Thailand bisa mengembangkan permainan dan kembali leluasa menguasai bola. Hasilnya, hanya dalam dua menit yaitu di menit ke-54 dan 56 mereka bisa membalikkan skor lewat tembakan Adisak Kraisorn dan Sarach Yooyen. Setelah tertinggal, para pemain Indonesia semakin mengendur meski beruntung tidak kebobolan gol lebih banyak lagi. Di menit ke-80, Indonesia baru bisa mencetak gol lagi kali ini giliran Egy Maulana Vikri lewat tembakan keras yang menembus gawang Thailand. Dan di sisa laga tidak ada lagi gol tambahan tercipta, skor imbang 2-2 menjadi hasil akhir di pertandingan ini.

Dengan hasil imbang ini, Thailand secara keseluruhan menang agregat 6-2 atas Indonesia dan berhak kembali mengangkat trofi Piala AFF untuk keenam kalinya. Sementara bagi Indonesia, meski kalah perjuangan mereka mendapatkan apresiasi tinggi dari Shin Tae-Yong. Shin tanpa ragu memberikan pujian pada skuat muda Indonesia dan mengatakan mereka mendapatkan pelajaran dan pengalaman berharga dari turnamen ini.

"Seperti yang kalian tahu, skuad timnas Indonesia masih sangat muda. Para pemain masih belum banyak pengalaman. Namun, saya bisa melihat semangat para pemain sepanjang turnamen. Saya bangga meilihat perjuangan skuad ini sepanjang turnamen," ujar Shin Tae-yong selepas pertandingan. 

"Para pemain terus bergerak maju meski mendapat banyak kesulitan. Kami mendapatkan banyak pengalaman dari turnamen ini. Itulah hal terpenting," Tutupnya (Ridho)

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...