Hasil Prancis vs Swiss: Menang Adu Penalti, Swiss Singkirkan Juara Dunia!

June 29, 2021

null

Sumber foto: Official Twitter Euro 2020 (https://twitter.com/EURO2020)

BUCHAREST – Sang juara dunia Prancis secara dramatis dan mengejutkan harus tersingkir lebih cepat dari Euro 2020 usai takluk dari Swiss lewat adu penalti. Sebelumnya di waktu normal, kedua kesebleasan bermain sama kuat 3-3 dalam pertandingan babak 16 besar yang berlangsung di National Stadium Bucharest, Selasa (29/6) dini hari WIB. Les Blues membuang keunggulan 3-1 yang sempat mereka dapatkan, dan kebobolan dua gol di 10 menit terakhir babak kedua yang memaksa laga harus berlanjut ke babak tambahan dan adu penalti.

Di luar dugaan, Prancis yang diprediksi akan mampu melaju dengan mulus ke babak perempat final harus menghadapi perlawanan sengit Swiss sejak laga baru dimulai. Dan Swiss bahkan mampu unggul lebih dulu di menit ke-15 lewat sundulan Haris Seferovic meneruskan umpan matang Steven Zuber. Di sisa babak pertama, Prancis yang berusaha terus mengurung pertahanan Swiss gagal mencetak gol dan keunggulan Swiss bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Swiss seharusnya bisa menggandakan keunggulan usai mendapatkan hadiah penalti setelah Zuber dijatuhkan Benjamin Pavard di kotak terlarang. Namun Ricardo Rodriguez yang menjadi algojo penalti gagal melakukan tugasnya setelah eksekusinya digagalkan kiper Prancis, Hugo Lloris. Prancis justru kemudian membalikkan keunggulan berkat dua gol Karim Benzema dalam selang waktu 2 menit saja di menit ke-57 dan 59. Tim Ayam Jantan kemudian semakin menjauh berkat gol indah Paul Pogba yang melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti di menit ke-75.

----------

Video Rekomendasi: Santai sejenak sambil melihat tingkah kocak Dono di Warkop DKI

----------

Saat semua orang mengira Prancis akan menutup laga dengan kemenangan, Swiss ternyata belum menyerah. Pada menit ke-81, Seferovic lagi-lagi menjadi mimpi buruk Prancis usai dirinya menyambar bola dengan sundulan hasil crossing Kevin Mbabu. Dan di menit ke-90, petaka untuk Prancis benar-benar terjadi setelah Swiss sukses menyamakan kedudukan berkat tembakan keras mendatar Mario Gavranovic. Laga pun berakhir imbang dan harus dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit.

Pada babak tambahan, Prancis sebenarnya memiliki peluang untuk memastikan kemenangan namun sayangnya tidak ada yang berhasil menjadi gol. Hingga 30 menit babak tambahan berakhir tetap tidak ada gol tambahan, dan pertandingan harus ditentukan lewat babak adu tendangan penalti.

Di babak adu penalti, semua algojo Swiss berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik namun sial untuk Prancis, eksekusi penendang terakhir mereka Kylian Mbappe berhasil ditepis penjaga gawang Yann Sommer yang akhirnya menjadi penentu kemenangan Swiss.

Kemenangan ini mengantarkan Swiss ke babak perempat final, atau menjadi yang pertama bagi mereka dalam 67 tahun terakhir merasakan babak delapan besar di suatu turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa). Di babak perempat final, Swiss sudah ditunggu Spanyol yang di laga sebelumnya juga meraih kemenangan dramatis 5-3 atas Kroasia.

null

Cuplikan gol-gol keren bintang Swiss Xherdan Shaqiri

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...