Hasil Swiss vs Spanyol: Aksi Gemilang Sommer Gagal Bendung Matador!

July 3, 2021

null

Sumber foto: Official Twitter Euro 2020 (https://twitter.com/EURO2020)

ST. PETERSBURG – Lewat laga yang panjang dan melelahkan, Timnas Spanyol akhirnya memastikan diri melaju ke babak semifinal Euro 2020 usai mengalahkan Swiss 3-1 dalam babak adu penalti usai sebelumnya bermain imbang 1-1 selama 120 menit. Laga babak perempat final tersebut berlangsung di Stadion Saint Petersburg, Jumat (2/7) malam WIB.

Spanyol sebenarnya tampil menjanjikan sejak awal, dan terbukti di menit ke-8 skuat Luis Enrique bisa memaksa pemain Swiss Denis Zakaria membuat gol bunuh diri usai membelokkan tembakan Jordi Alba pada menit ke-8. Setelah gol tersebut, Tim Matador terus menerus mencoba menggedor pertahanan Swiss namun penampilan gemilang penjaga gawang Yann Sommer sukses mematahkan sejumlah peluang emas Spanyol.

Di babak kedua, Spanyol masih terus dominan namun kembali aksi Sommer berhasil menggagalkan peluang Spanyol dan total di laga ini kiper Borussia Monchengladbach itu melakukan 10 penyelamatan penting. Terlalu fokus menyerang, Spanyol justru kecolongan gol di menit ke-68 usai blunder di lini pertahanan mereka membuat Xherdan Shaqiri dengan mudah menceploskan bola ke gawang Unai Simon. 

----------

Video Rekomendasi: Seru-seruan bareng Vincent dan Desta di Tonight Show

----------

Pada menit ke-77, Swiss harus rela bermain dengan 10 pemain usai Remo Freuler dikartu merah karena melakukan tekel keras. Namun meski unggul jumlah pemain Spanyol tetap gagal mencetak gol bahkan sampai ke babak tambahan 2x15 menit, sejumlah peluang dari Gerard Moreno, Feran Torres dan Jordi Alba bisa dimentahkan Sommer. Pertandingan pun terpaksa ditentukan melalui babak adu penalti.

Pada babak tos-tosan, para pendukung Spanyol sempat dibuat cemas setelah penendang pertama mereka Sergio Busquets gagal melakukan tugasnya usai tembakannya membentur tiang gawang. Namun ternyata, tiga penendang Swiss yaitu eksekutor ke-2, 3 dan 4 juga gagal mengeksekusi penalti yang kemudian membuat penendang terakhir Spanyol, Mikel Oyarzabal akhirnya jadi penentu kemenangan Spanyol. 

Hasil ini membawa Spanyol lolos ke semifinal Euro 2020 kelima kalinya sepanjang sejarah. Dari lima kesempatan itu, La Furia Roja menjadi juara sebanyak tiga kali.  Di babak semifinal, Spanyol akan menghadapi Italia yang di laga perempat final lainnya mengalahkan Belgia dengan skor 2-1.

undefined

Tonton aksi memukau penjaga gawang asal Swiss Yann Sommer:

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...