Grup Neraka yang Makin Sulit Diprediksi

June 20, 2021

null

Sumber foto: Official Twitter Euro 2020 (https://twitter.com/EURO2020)

Prediksi banyak pihak yang menyebut Grup F sebagai "Group of Death" alias Grup neraka akhirnya benar-benar terjadi. Grup yang berisikan Prancis, Portugal, Jerman dan Hungaria saat ini menjadi salah satu grup di Euro 2020 yang belum mengirimkan wakilnya ke fase gugur. Lebih luar biasanya lagi, usai hasil di matchday kedua Sabtu (19/6) malam tadi, tim mana yang akan lolos ke babak 16 besar semakin sulit diprediksi.

Portugal, sang juara bertahan Piala Eropa yang bermodalkan kemenangan 3-0 atas tuan rumah Hungaria di partai pembuka secara mengejutkan kalah telak 2-4 dari Jerman, tim yang sebelumnya takluk 0-1 dari Prancis di matchday pertama. Hasil tersebut memberikan catatan buruk bagi Portugal sebagai tim juara bertahan Piala Eropa pertama yang kebobolan sampai 4 gol dalam satu pertandingan. Tidak hanya catatan buruk, kekalahan ini juga membuat Portugal yang awalnya diprediksi bisa lolos ke 16 besar kini berada di ujung tanduk karena di laga terakhir akan menghadapi lawan yang lebih sulit, Prancis.

Hasil mengejutkan lainnya juga terjadi di Budapest, saat Hungaria sukses menahan imbang Prancis dengan skor 1-1. Prancis sejak awal laga sebenarnya sudah diprediksi akan meraih kemenangan mudah dan menjadi tim yang pertama lolos dari Grup F. Namun nyatanya, sang juara Dunia 2018 itu justru dibuat susah payah mengatasi perlawanan Hungaria. Mereka bahkan kebobolan lebih dulu lewat aksi individu Attila Fiola sebelum akhirnya bisa mencetak gol penyama melalui tembakan keras Antoine Griezmann. Meski akan menghadapi perlawanan keras dari Portugal di laga terakhir, Prancis hanya butuh hasil imbang saja untuk memastikan diri lolos ke 16 besar.

Sementara itu, Jerman pun juga terus menjaga asa untuk melaju ke fase gugur. Kemenangan 4-2 atas Portugal tidak hanya menjadi tambahan 3 poin bagi tim Panser tapi juga membuat mereka kini sedikit lebih diunggulkan untuk lolos ke 16 besar. Memang, di matchday ketiga nanti skuat asuhan Joachim Loew akan menghadapi Hungaria yang di pertandingan menghadapi Prancis menunjukan permainan luar biasa namun begitu di partai nanti Hungaria tidak akan lagi didukung puluhan ribu suporter fanatiknya karena laga Jerman kontra Hungaria justru akan berlangsung di Munich, kandang Der Panzer. Sehingga, diantara semua tim Jerman kini yang paling diunggulkan untuk melaju mulus dari Grup F. 

Lalu tim manakah yang akhirnya akan lolos dari Grup F? Apakah akan kembali terjadi kejutan yang membuat salah satu tim kuat di Grup ini tersingkir lebih cepat?

Cuplikan lima gol terbaik Kylian Mbappe bersama Paris Saint-Germain:

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...