Swedia 1-2 Ukraina: Gol Menit Akhir Bawa Ukraina ke Perempatfinal

June 30, 2021

null

Sumber foto: Official Twitter Euro 2020 (https://twitter.com/EURO2020)

GLASGOW – Ukraina maju ke babak perempat final Euro 2020 usai mengalahkan Swedia 2-1 di Hampden Park Stadium, Rabu (30/6) dini hari WIB. Gol pada menit akhir babak perpanjangan waktu dari Artem Dovbyk membawa Ukraina melaju.

Anak asuh Andriy Shevchenko mendapatkan peluang di babak pertama lewat sepakan Roman Yamrechuk di menit 11. Namun, bola berhasil dihalau Robin Olsen. Delapan menit kemudian Swedia membalas, sepakan Alexander Isak yang menerima umpan Dejan Kulusevski hanya menyamping tipis di sisi kiri gawang Swedia.

Ukraina berhasil mencuri gol terlebih dahulu di menit 27. Berawal dari serangan sisi kanan, umpan silang Andriy Yarmolenko tidak disia-siakan winger Oleksandr Zinchenko. Sepakan keras kaki luarnya tidak bisa dibendung Robin Olsen. Swedia berhasil membuat skor imbang jadi 1-1 melalui gol Emil Forsberg di ujung babak pertama. Tendangan spekulasinya dari luar kotak penalti tidak mampu dihalau Heorhiy Bushchan.

----------

Video Rekomendasi: Santai sejenak sambil melihat tingkah kocak Dono di Warkop DKI

----------

Pada babak ke dua tempo permainan tidak berubah, kedua tim masih sama-sama saling menekan. Meneruskan umpan Yarmolenko, tendangan Serhiy Sydorchuk di menit 55 hampir membuat Ukraina unggul andai saja tidak terkena tiang gawang. Begitu juga dengan peluang Swedia, dua kali tendangan Emil Forsberg hanya mampu mengenai tiang gawang. Hingga peluit panjang babak kedua berakhir skor tetap tidak berubah 1-1 dan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Swedia harus rela bermain dengan 10 orang sejak menit 98 setelah Marcus Danielson diganjar kartu merah karena melakukan pelanggaran keras ke pemain Ukraina. Memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, The Blue and Yellow - julukan Ukraina - sukses mencetak gol pada menit 120+1 melalui sundulan Artem Dovbyk memanfaatkan umpan Zinchenko. Pada babak perempat final nanti Ukraina akan berhadapan dengan Inggris.

null

Tonton aksi keren Zlatan Ibrahimovic bersama Timnas Swedia di sini:

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...