Serba Pertama di EURO 2020: Tuan Rumah, Kontestan, dan Format Baru

June 4, 2021

null

Sumber foto: Uefa.com

Setelah sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, ajang paling bergensi antar negara-negara Eropa, EURO akhirnya akan segera dimulai. Digelar pada 12 Juni hingga 12 Juli 2021, Euro 2020 menawarkan banyak hal baru yang belum pernah ada sebelumnya seperti 11 kota tuan rumah hingga format baru sebagai bentuk memperingati ulang tahun yang ke-60 turnamen ini.

Untuk pertama kalinya, UEFA memilih 11 kota yang tersebar di seluruh dataran Eropa sebagai tuan rumah Euro 2020. Kota-kota tersebut antara lain Kopenhagen Denmark (Eropa Utara), St. Petersburg Rusia dan Baku Azerbaijan (Eropa Timur), Roma Italia dan Sevilla Spanyol (Eropa Selatan), Bucharest Rumania dan Budapest Hungaria (Eropa Tengah) serta London Inggris, Amsterdam Belanda, Munchen Jerman dan Glasgow Skotlandia (Eropa Barat).

Stadion Wembley sendiri mendapatkan kehormatan untuk menggelar laga semifinal dan final Euro 2020. Uniknya, meski menjadi tuan rumah negara-negara tersebut tidak otomatis langsung lolos ke putaran final Euro 2020. 

Selain 11 tuan rumah, jumlah kontestan juga berbeda dari turnamen sebelumnya. Euro 2020 tidak lagi menggunakan format 16 tim, tapi memilih menggunakan format 24 tim yang terbagi dalam 6 grup. Selain juara dan runner up grup, tim peringkat ketiga terbaik akan diambil untuk melengkapi babak 16 besar. Dengan sejumlah perubahan tersebut, diharapkan ajang EURO 2020 akan menjadi lebih kompetitif dari sebelumnya.

 

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...