Belanda 0-2 Rep. Ceko: De Ligt Dikartu Merah, Tim Oranye Tersingkir!

June 28, 2021

null

Sumber foto: Official Twitter Euro 2020 (https://twitter.com/EURO2020)

BUDAPEST – Timnas Belanda secara mengejutkan harus tersingkir di babak 16 besar Euro 2020 setelah takluk 0-2 dari Republik Ceko dalam laga yang berlangsung di Puskas Arena, Budapest Minggu (27/6) malam WIB. Kekalahan Tim Oranye diwarnai kartu merah yang didapat bek andalan mereka Matthijs De Ligt usai melakukan handsball di kotak penalti.

Belanda sebenarnya mampu mengawali laga dengan cukup baik dan mendominasi pertandingan. Tercatat sepanjang laga, Belanda unggul tipis dalam penguasaan bola sebesar 52 persen. Namun begitu, tangguhnya lini pertahanan Ceko sukses membuat para penyerang Belanda frustrasi. Bahkan sepanjang 90 menit, skuat asuhan Frank De Boer yang tampil luar biasa di fase grup dibuat tak mampu membuat satupun tembakan ke arah gawang.

Petaka untuk Belanda bermula saat De Ligt mendapatkan kartu merah di menit ke-53 babak kedua. De Ligt yang kehilangan bola, mencoba untuk menghentikan laju pemain Ceko dengan menahan bola menggunakan tangannya. Wasit Sergei Karasev awalnya hanya memberikan kartu kuning untuk pemain Juventus itu, namun setelah melihat VAR ia kemudian membatalkan keputusannya dan memberikan kartu merah langsung untuk De Ligt.

----------

Rekomendasi Video: Seru-seruan bareng Vincent dan Desta di Tonight Show

----------

Bermain dengan 10 orang membuat Belanda semakin kesulitan. Berawal dari sebuah tendangan bebas, Ceko akhirnya unggul lebih dulu lewat sundulan Tomas Holes di menit ke-68 meneruskan assist dari Tomas Kalas.

Tertinggal 1 gol, Belanda makin meningkatkan serangan dan mencoba mengurung pertahanan Ceko. Namun 10 menit jelang pertandingan berakhir, Ceko justru sukses memperbesar keunggulan lagi-lagi berkat aksi Holes yang menggiring bola dan memberikan umpan matang yang diteruskan Patrik Schick menjadi gol, yang ke-4 untuknya di Euro 2020.

Meski tertinggal dua gol, Belanda terus melakukan berbagai cara untuk minimal bisa mencetak satu gol namun hingga laga berakhir tidak ada gol tambahan tercipta dan Ceko sukses mengunci satu tiket ke babak perempat final Piala Eropa 2020.

Di babak perempat final, Ceko sudah ditunggu Denmark yang di laga babak 16 besar sebelumnya berhasil menghajar Wales 4-0. Sementara Belanda memperpanjang rekor mereka yang selalu kesulitan dan hanya bisa menang 1 kali saja atas Ceko dari 8 pertemuan, dimana terakhir kali Tim Oranye mampu mengalahkan Ceko adalah pada Piala Eropa 2000 atau 21 tahun yang lalu.

Cuplikan gol keren Memphis Depay untuk Belanda:

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...