Statistik Mengagumkan Lini Pertahanan Swiss di Perempatfinal

July 3, 2021

null

Sumber foto: Official Twitter Euro 2020 (https://twitter.com/EURO2020)

Lolosnya Swiss ke babak perempat final memang sangat mengejutkan dan menjadi salah satu cerita paling dramatis di Euro 2020 kali ini. Berhasil melaju ke 16 besar berbekal peringkat tiga terbaik, Swiss membuat dunia terkejut usai mengalahkan sang juara dunia Prancis lewat babak adu penalti. Tertinggal 1-3, Swiss mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3 dan memaksa Prancis takluk di babak tos-tosan.

Cerita dramatis itu nyaris terulang kala mereka menghadapi Spanyol di babak perempat final. Briliannya penampilan lini pertahanan Swiss di sepanjang pertandingan membuat Spanyol hanya bisa mencetak satu gol, itupun gol bunuh diri yang dicetak bek Denis Zakaria. Beruntung untuk Spanyol, pada babak adu penalti tiga penendang Swiss gagal melakukan tugasnya dan Spanyol pun keluar sebagai pemenang.

----------

Video Rekomendasi: Seru-seruan bareng Vincent dan Desta di Tonight Show

----------

Meski kalah, pujian setinggi-tingginya wajib diberikan untuk para pemain bertahan A-Team - julukan Swiss - yang telah memberikan segalanya di laga ini. Tercatat, tiga pemain di lini pertahanan mereka yaitu Yann Sommer, Nico Eveldi dan Ricardo Rodriguez ternyata membuat rekor tersendiri di Euro 2020 berkat penampilannya di laga ini.

Penjaga gawang Yann Sommer misalnya. Menurut catatan statistik Squawka, Sommer sukses melakukan 10 penyelamatan atau menjadi kiper yang paling banyak melakukan penyelamatan di Euro 2020 sejauh ini. Sementara bek mereka Nico Eveldi membuat 13 kali clearances, atau juga yang tertinggi di Euro 2020. Begitu juga dengan Ricardo Rodriguez yang melakukan 9 tekel berhasil - terbanyak sejauh ini di turnamen.

Dengan sejumlah catatan brilian tiga pemain bertahannya tersebut, Swiss memang sukses membuat para pemain depan Tim Matador frustrasi. Walaupun akhirnya kalah, mereka patut bangga dengan pencapaian dan catatan mengagumkan di laga ini.

undefined

Tonton aksi memukau penjaga gawang asal Swiss Yann Sommer:

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...