Baru 2 Bulan Melatih, Genoa Pecat Shevchenko - TrueID

Baru 2 Bulan Melatih, Genoa Pecat Shevchenko

TrueID IndonesiaJanuary 17, 2022

Genoa memecat Andriy Shevchenko yang baru menangani klub pada November 2021 silam. Kegagalan memperbaiki performa klub sejak menggantikan Davide Ballardini mewarnai tenor singkat kepelatihan Shevchenko di Luigi Ferraris. 

null

Sumber foto: Twitter resmi Genoa CFC (https://twitter.com/GenoaCFC)

Dari 11 laga yang ditangani, Shevchenko mencatatkan satu kemenangan, tiga imbang dan tujuh kekalahan. Kemenangan tersebut datang di laga Coppa Italia melawan Salernitana. Klub yang berjulukan Il Grifone tersebut berada di posisi yang lebih buruk daripada ketika dia tiba, saat itu mereka berada di peringkat ke-17. Sekarang Genoa terpuruk di peringkat ke-19 liga Italia dengan koleksi 12 poin, terpaut lima poin dari zona aman.

Genoa memang menghadapi beberapa tim besar seperti Milan, Juventus, Atalanta dan Roma saat dilatih Shevchenko. Tetapi kepercayaan pengurus klub kepadanya mulai berubah ketika timnya menelan kekalahan 3-1 dalam laga laga derby melawan Sampdoria yang juga berjuang di peringkat ke-15. Menurut beberapa sumber, Kekalahan 1-0 di kandang melawan Spezia yang merupakan sesama pejuang degradasi telah menyegel nasibnya.

Pertandingan terakhir Shevchenko bersama Genoa adalah saat timnya dikalahkan AC Milan di babak 16 besar Coppa Italia. Genoa menunjuk pelatih U-17, Abdoulay Konko sebagai pelatih interim sampai adanya penunjukkan pelatih baru. 

Shevchenko sebelumnya memiliki kisah sukses ketika memimpin timnas Ukraina dalam 52 laga selama lima tahun karier kelepatihannya. Dia juga berhasil bawa negaranya ke perempatfinal Euro 2020 untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka dan meninggalkan posisi tersebut tidak lama setelah itu. 

Genoa sendiri adalah klub tertua di Italia. Terakhir kali mereka memenangkan gelar liga pada 1924. Klub yang bermarkas di Luigi Ferraris tersebut lebih sering bertarung di zona degradasi dan lebih terkenal karena sering gonta-ganti pelatih beberapa kali setiap musim. (Chad)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...