Timnas Indonesia Sukses Bekuk Taiwan

TrueID IndonesiaOctober 7, 2021

null

Sumber Foto: PSSI.org

Indonesia berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 atas Taiwan dalam laga leg pertama babak playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Chang Arena, Buriram Kamis (7/10) malam WIB. Ini merupakan kemenangan perdana pelatih Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia setelah secara resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala pada 28 Desember 2019 lalu. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu harus menunggu hampir dua tahun untuk mempersembahkan hasil positif pertamanya, setelah terakhir babak belur di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu.

Taiwan sebenarnya mengambil inisitif serangan lebih dulu sejak awal laga dan sebuah serangan yang diakhiri tembakan Emilio Estevez di menit ke-4 nyaris saja berbuah gol jika saja tidak ditepis oleh penjaga gawang Indonesia, Muhammad Riyandi. Namun setelah itu, gantian Indonesia yang lebih mengurung pertahanan Taiwan. Menit ke-19 Indonesia akhirnya unggul usai umpan mendatar Miftah Sani diterima Ramai Rumakiek yang mengelabui dua bek Taiwan sebelum kemudian hanya tinggal berhadapan dengan kiper lawan dan langsung menceploskan bola ke gawang, 1-0 untuk Indonesia.

----------

Trailer Original Series Terbaru TrueID - Pelet 

----------

Sayangnya, Rumakiek yang baru saja merayakan keberhasilan mencetak gol debutnya untuk Timnas Indonesia terpaksa harus meninggalkan lapangan lebih cepat pada menit ke-27 karena mengalami cedera dan digantikan Egy Maulana Vikri. Timnas Merah Putih terus memainkan bola pendek dan beberapa kali mendapatkan peluang namun masih bisa digagalkan kiper Taiwan Shih Shin-an. Tidak ada gol tambahan hingga 45 menit babak pertama berakhir dan Indonesia tetap unggul 1-0.

Babak kedua baru berlangsung lima menit, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan berkat tembakan mendatar sang kapten Evan Dimas meneruskan assist brilian Kushedya Hari Yudo. Setelah gol tersebut, skuat Shin Tae-yong ini sebenarnya menguasai penuh laga dan bermain hampir selalu setengah lapangan. Egy Maulana tercatat sebagai pemain dengan peluang terbanyak, melepaskan lima tembakan ke arah gawang namun seluruhnya mampu digagalkan kiper Taiwan yang bermain luar biasa malam ini.

Keasyikan menyerang, Indonesia akhirnya kecolongan di masa injury time babak kedua. Berawal dari tendangan bebas, Hsu Heng-pin berdiri bebas setelah menerima bola dari sundulan dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang Riyandi. Di sisa laga, Indonesia masih terus berusaha membongkar pertahanan Taiwan namun hingga peluit tanda pertandingan berakhir dibunyikan tidak ada lagi gol tercipta dan skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Indonesia.

Meski unggul, Timnas Indonesia belum aman karena masih ada leg kedua pada 11 Oktober 2021 mendatang. Jika ingin lolos ke babak kualifikasi, Indonesia butuh minimal hasil imbang atau kembali menang. Sementara bagi Taiwan, mereka hanya butuh kemenangan 1-0 saja untuk memastikan lolos dari babak playoff. (Ridho)

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...