Tampil Impresif, Timnas Indonesia Gilas Timor Leste - TrueID

Tampil Impresif, Timnas Indonesia Gilas Timor Leste

TrueID IndonesiaJanuary 30, 2022

Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Timor Leste dengan skor 3-0 dalam laga persahabatan FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali hari Minggu (30/1) malam WIB. Tampil hanya dengan lima pemain yang duduk di bangku cadangan dan delapan pemain yang diketahui terkonfirmasi positif Covid-19, skuat Garuda justru mampu tampil jauh lebih baik dari laga kontra Timor Leste sebelumnya tiga hari yang lalu.

Indonesia hanya butuh lima menit untuk membuka skor lewat sontekan Terens Puhiri meneruskan umpan dari Ricky Kambuaya. Setelah gol tersebut, Indonesia sebenarnya menguasai penuh laga dan membuat Timor Leste nyaris tanpa peluang berarti. Namun begitu, Timnas baru bisa menambah keunggulan di menit ke-41 lewat gol cantik Ramai Rumakiek. Rumakiek yang menerima bola dari sisi kanan pertahanan Timor Leste, melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang bersarang telak di pojok atas gawang tim tamu. Keunggulan 2-0 untuk Indonesia pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Indonesia masih terus tampil dominan. Berbeda dari di pertemuan pertama, Indonesia bermain lebih santai namun menguasai permainan dan mampu mengurung pertahanan Timor Leste. Di menit ke-72, Tim Garuda akhirnya kembali mencetak gol lewat aksi individu Ricky Kambuaya yang melewati hadangan para pemain belakang Timor Leste dan menaklukkan kiper. Hingga pertandingan berakhir tidak ada lagi gol tambahan dan skor 3-0 untuk Indonesia menjadi hasil akhir di laga ini.

Usai pertandingan, pelatih Timnas Shin Tae-yong mengungkapkan sebanyak delapan pemain yang dipastikan terkonfirmasi positif Covid-19 antara lain Evan Dimas, Syahrul Trisna, Muhammad Rafli, Rizky Ridho, Rizky Dwi, Syahrian Abimanyu, Hanis Saghara, Irfan Jaya, dan Muhammad Adi Satryo. Sementara itu satu pemain lainnya Yabes Roni juga absen dan terpaksa meninggalkan tim karena ada urusan keluarga. 

"Sebenernya kami setiap hari ada pcr, protokol juga lebih ketat dari waktu waktu lain. Jadi sampai ada 8 pemain positif sehingga tak bisa ikut pertandingan melawan Timor Leste di laga kedua ini. Kalau protokol kami sebenarnya diikuti dengan baik oleh para pemain Timnas Indonesia. Tetapi dengan adanya situasi seperti ini, dengan sisa pemain kami dapat hasil yang baik," ungkap Shin Tae-Yong dalam konferensi usai pertandingan.

"Kalau untuk masalah masalah corona ini kami harus mempertimbangkan lagi bagaimana untuk ke depannya. Karena ini akan menjadi hal yang tidak baik untuk ke depannya," lanjutnya.

Dengan hasil ini sendiri, Timnas Indonesia hampir dipastikan mengalami kenaikan peringkat FIFA untuk bulan yang akan datang. Indonesia memang mengincar hasil positif di dua laga uji coba kontra Timor Leste demi mengangkat ranking FIFA Indonesia sehingga nantinya Timnas akan masuk ke dalam pot ketiga di drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 menggeser Singapura. Drawing sendiri akan digelar pada tanggal 24 Februari 2022 mendatang. 

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...