Cara Memulihan Kesehatan Mental di Film Mysterious Nurse

June 22, 2021

null

Bae Soo-Ah (Jang Hee Ryung) saat menyelamatkan seorang pelajar dari usaha bunuh diri dari atas jembatan. (Mysterious Nurse/TrueID)

Depresi, rasa cemas berlebihan, tekanan terhadap tujuan atau kegagalan menghadapi tujuan kerap jadi pemicu seseorang mengalami gangguan kesehatan mental. Seperti kisah drama korea berjudul Mysterious Nurse, ketika Bae Soo-Ah (Jang Hee Ryung) mencoba mencari klien untuk klinik gangguan kesehatan mental milik Woo Hyun-woo  (Lee Sung Jong), mereka menemukan beberapa calon pasien yang mengalami depresi. 

Misalnya saja seorang perempuan yang merasa terancam karena video hubungan intimnya bakal disebarin sang mantan pacar yang tak terima diputus cinta. Ada juga seorang pelajar yang berusaha bunuh diri dari atas jembatan dan seorang karyawan yang mengalami tekanan berat di tempat kerjanya. 

Kupas tuntas toxic relationship di Tonight Show, tonton di sini:

Lalu bagaimana cara menghadapi gangguan kesehatan mental dan memulihkannya. Berikut 5 cara yang bisa dilakukan seperti dirangkum TrueID dari Times of India. 

1. Penyembuhan secara modern dengan medis yang melibatkan pskiater yang akan memberikan resep obat sesuai dengan pendekatan psikologis klinis dengan intervensi terapeutik. Bantuan itu akan membuat penderita dapat mengubah perilaku, pemikiran dan emosi tertentu yang menganggu.

null

Woo Hyun-woo (kanan) sebagai psikiater sedang menjalani sesi perawatan seorang pelajar yang mengalami gangguan kesehatan mental. (Mysterious Nurse/TrueID)

2. Intervensi terhadap pikiran melalui pendekatan perilaku, psikologi, social dan spiritual. Semisal meditasi, yoga, hypnosis atau yang lainnya. Dengan belajar meditasi, seseorang setidaknya akan lebih sadar dengan pikiran dan perasaannya hingga menghadapi sesuatu jauh lebih mudah.

null

Yoga membantu dalam pemulihan kesehatan mental. (https://www.pexels.com/photo/photo-of-woman-meditating-3759657/)

3. Diet makanan sehat. Makanan sehat itu akan meminimalisir perubahan suasana hati secara cepat, memiliki pandangan yang lebih baik terutama tentang kebahagiaan dan pastinya membuat orang lebih fokus. Diet ini membantu orang yang mengalami depresi dan rasa cemas berlebihan. Diet makanan tidak sehat justru akan menambah risiko besar bagi penderita dementia atau stroke.

null

Menyiapkan menu diet yang sehat. (https://www.pexels.com/photo/woman-in-white-blazer-holding-knife-slicing-cucumber-6707683/)

4. Penyembuhan melalui spiritual dan energi dalam tubuh yang berdampak pada kesehatan mental. Misalnya penyembuhan melalui terapi Reiki/Palm yang membantu mengurangi stress dan tubuh lebih rileks, serta membantu gejala depresi.

null

Terapi energi membantu pemulihan kesehatan mental. (https://www.pexels.com/photo/energy-practitioner-healing-relaxed-woman-on-yoga-mat-6998265/)

5. Pemulihan yang melibatkan Seni, seperti dansa, musik, visualisasi dan hal kreatif yang menyangkut imajinasi akan menjadi ventilasi. Dengan berbagai warna dalam terapi seni membantu mengaktifkan organ dan kelenjar setiap orang. Itu semua membantu pemulihan pikiran dan jiwa kita.

null

Menari membantu menenangkan pikiran dan jiwa. (https://www.pexels.com/photo/man-wearing-blue-jeans-doing-pirouette-spin-1701202/)

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...