4 Etika Bermedia Sosial dari Social Syndrome

TrueID IndonesiaOctober 6, 2021

null

(Foto:TrueID / Screenshot Social Syndrome)

Serial drama asal Thailand berjudul Social Syndrome (2018) yang mengisahkan 8 cerita dari 8 episode yang berbeda mengenai dunia media sosial mempunyai makna tentang pelajaran hidup terkait penggunaan media sosial yang berlebihan yang bisa kita ambil agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

Berikut 4 etika bermedia sosial yang bisa kita ambil dari serial drama asal Thaliand Social Syndrome (2018) yang tayang di TrueID:

1. Tidak Menyebarkan Hoax

Hoax atau berita palsu memang merupakan penyakit utama dalam bermedia sosial. Jangan sampai kamu menyebarkan berita yang memang belum terverifikasi kebenarannya agar tidak menjadi fitnah dan merugikan orang lain ya guys.

null

Pond (Oabnithi Wiwattanawarang) dan Two (Patara Eksangkul) Yang Keduanya Merupakan Penulis Berita Bohong (Hoax) Di Media Sosial. (Foto:TrueID / Screenshot Social Syndrome Episode 5)

2. Tidak Mencampuri Urusan Orang Lain 

Setiap orang pasti ingin punya privacy oleh karena itu sebaiknya apabila kamu melihat ada teman kamu atau seseorang yang sedang tertimpa masalah sebaiknya kamu tidak mencampuri orang tersebut ya guys. Bayangkan kamu yang sedang berada di posisi tersebut pastinya tidak mau juga dicampuri oleh orang lain kan guys.

null

Pomme (Thiti Mahayotaruk) Yang Terobsesi Berlebihan dan Selalu Ingin Mencampuri Urusan Mew Mint (Lapassalan Jiravechsoontornkul) (Foto:TrueID / Screenshot Social Syndrome Episode 1)

3. Tidak Menyebarkan Aib Keluarga

Ini yang kadang sebagian dari kita masih lupa untuk tidak membagikan sesuatu yang sensitif dan memalukan tentang keluarga kita sendiri. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu menjaga apa yang terjadi di dalam keluarga tetap dalam keluarga. Dan jangan sekali – kali membagikan apa yang kita alami di dalam keluarga kita di media sosial karena akan memperburuk keadaan.

null

Alice (Phatchatorn Thanawat) Yang Kehidupan Sehari – Harinya Selalu Dipublikasikan Oleh Sang Ibu Hingga Membuat Ia Kabur Dari Rumah (Foto:TrueID / Screenshot Social Syndrome Episode 7)

4. Tidak Pamer Yang Berlebihan

Memang media sosial sering kali digunakan untuk ajang berpamer ria. Namun pamer yang berlebihan di media sosial akan membuat kecemburuan sosial yang tinggi. Bisa saja nanti teman atau sahabat dekat kamu akan menjauh guys apabila kamu terlalu sering pamer yang berlebihan. (Daru)

null

Sasithorn (Janistar Phomphadungcheep) Seorang Perawat Yang Tiba – Tiba Menjadi Tenar Saat Bermain di Media Sosial (Foto:TrueID / Screenshot Social Syndrome Episode 2)

undefined

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...