Ini 5 Barang Era 90-an di Deadstock yang Nyaris Punah!

February 25, 2021
nullPesawat telepon rumah di era 90an. (TrueID)

Kilas balik perjalanan hidup Loh (Dan Aaron Ramnarong) di film Deadstock, membangunkan memori kita di era 90-an. Mulai dari gaya berpakaian, gaya hidup di saat itu hingga barang-barang yang di era itu kerap digunakan sehari-hari. 

Dari beberapa memori 90-an itu, ada lima barang yang mungkin kini sudah punah atau sudah masuk museum. Apa saja itu? Berikut deretan 5 barang langka yang dulu di era 90-an sering digunakan sehari-hari. 

1. Telepon Umum
Sebelum ada telepon genggam, telepon umum jadi alat komunikasi paling dicari. Di era 90-an, Anda bisa saksikan antrian para pengguna telepon umum di beberapa sudut kota. Seperti di film Deadstock ini, telepon umum berwarna merah, berbeda dengan Indonesia yang rata-rata berwarna biru.

nullPreman menelpon pacarnya tapi lupa antrian di belakangnya sudah mengular panjang. (Screenshot Deadstock)

2. Telepon Rumah
Bos tukang loak dekat kediaman Loh yang menggunakan telepon rumah di awal 90-an. Telepon ini jauh lebih besar dibandingkan generasi telepon berikutnya yang lebih kecil.

nullJuragan loak yang sukses besar dengan bisnis barang bekasnya. (Screenshot Deadstock)

3. Radio Tape
Mendapatkan hadiah mobil dari Sakda (Sheeva Lapintungsutthi), Loh melengkapi interior mobilnya dengan radio tape. Radio ini sangat terkenal di era itu dan biasanya jadi barang yang kerap dibawa para anak muda saat itu untuk menikmati waktu senggang. 

nullRadio tape yang melengkapi interior mobil Loh. (Screenshot Deadstock)

4. Lampu Meja
Loh yang sempat terpuruk karena situasi buruknya, ditinggalkan Anne (Vasu Peumsakunthai) dan Sakda yang sudah dianggap sebagai ayahnya meninggal, merenungi nasibnya. Tepat, di tempat dia merenung, ada lampu meja. Lampu ini berbahan metal dan bentuknya lebih rumit dibandingkan desain lampu meja saat ini.

nullLampu antik di belakang Loh saat ini dijual dengan harga cukup mahal. (Screenshot Deadstock)

5. Alat Perekam
Sebelum adanya walkman yang bisa merekam dan mendengar lagu khusus dari kaset, ada alat perekam model lama yang bentuknya lumayan besar. Alat inilah yang digunakan rekan Loh yang merekam karya musiknya lewat alat ini.

null

Alat perekam model lama yang sudah jarang ditemui. (Screenshot Deadstock)

Kelima barang ini menjadi simbol era 90-an sebelum tergusur teknologi maju, seperti smartphone yang menggusur banyak fungsi alat-alat di masa lalu. Meski mungkin ada yang tetap mempertahankan barang ini demi koleksi pribadi. 

Film Deadstock sendiri tak hanya menampilkan barang-barang ini tapi juga motor dan mobil antik yang usianya jauh lebih tua dari era 90-an. Jika ingin melihatnya streaming film Deadstock ini di TrueID, Kamu tak perlu berlangganan untuk bisa menyaksikannya hingga tuntas. (Tya)

 


Artikel Terkait

Go Back To Home