5 Fakta Dibalik Film The Promise, Gedung Hantu hingga Debut

January 7, 2021
nullBoum dan Ib dalam poster  film The Promise. (Sumber foto: IG Apichaya Thongkham, @lilly_nicha) 

Film The Promise menyajikan genre horor baru tanpa penampakan hantu menakutkan yang biasa diperlihatkan film Thailand. Kisah roh penasaran yang menuntut janji sang sahabat untuk mati bersama. 

Adalah arwah Ib (Panisara Rikulsurakan) yang meneror Boum dewasa (Numthip Jongrachatawiboon). Sahabatnya ini dianggap ingkar janji setelah sebelumnya mereka berdua sepakat bunuh diri bersama. Boum malah kabur saat Ib sudah tak bernyawa. 

Ib kembali hadir 20 tahun pasca kejadian, tapi bukan menuntut nyawa Boum lagi, Ia justru mengincar anak sahabatnya itu, Bell (Apichaya Thongkham). Kesepakatan bunuh diri mereka lakukan karena faktor ekonomi yang menghancurkan keluarga mereka saat krisis moneter 1997. Kisah ini bisa Kamu saksikan tanpa berlangganan di TrueID.

Selain fakta kejadian 1997 yang menjadi latar belakang film, berikut fakta lain yang belum terungkap. 

1. Film ini menjadi debut bagi Boum dewasa, Numthip Jongrachatawiboon di layar lebar. Kendati sudah sejak usia 14 tahun masuk dunia hiburan, namun berakting di film baru pertama kali dilakukannya. 

nullNumthip Jongrachatawiboon. (IG: Numthip Jongrachatawiboon, @beenamthipofficial)

2. Sama halnya dengan Jongrachatawiboon, The Promise juga menjadi debut Apichaya Thongkham, pemeran Bell. Sebelumnya, model berusia 18 tahun itu hanya tampil di serial televisi.

nullBell yang diperankan Apichaya Thongkham saat memeluk ibunya Boum. (Screenshot film The Promise)

3. Lokasi bunuh diri Ib dilakukan di sebuah gedung terbengkalai di jantung kota Bangkok, Sathorn Unique Tower atau lebih dikenal sebagai Ghost Tower. Gedung terhenti pembangunannya saat sudah mencapai 80 persen karena krisis moneter menghantam Asia pada 1997. 

nullPoster  film The Promise dengan mengambil latar belakang gedung Sathorn Unique Tower. (Sumber foto: IG Numthip Jongrachatawiboon, @beenamthipofficial)

4. Pemilik Sathorn Unique Tower, Pansit Torsuwan pernah menolak tawaran sineas film Hollywood untuk melakukan shooting di gedungnya. Namun, Ia akhirnya mengizinkan The Promise karena film ini menjelaskan alasan terbengkalainya gedung megah yang awalnya diperuntukkan menjadi kondominium itu. 

nullPemeran Boum, Numthip Jongrachatawiboon saat berdiri di balkon gedung Sathorn Unique Tower.  (Sumber foto: IG Numthip Jongrachatawiboon, @beenamthipofficial) 

5. The Promise menjadi film horor pertama produksi rumah produksi GDH 559, sebuah perusahaan perfilman Thailand yang berubah nama setelah ada perubahan kepemilikan, menyusul perseteruan tiga pemilik sebelumnya. Sebelumnya, perusahaan yang 11 tahun menguasai perfilman Thailand bernama GMM Tai Hub.

nullKru film The Promise dan sutradara Sophon Sakdaphisit saat premiere film pada 2017 lalu. (Sumber foto: IG Numthip Jongrachatawiboon, @beenamthipofficial)

Berhasilkah Ib menagih janji Boum lewat Bell? Simak kisah misterius berbalut drama ini tanpa perlu berlangganan di TrueID. (Tya)

nullBoum dan anaknya, Bell yang diteror arwah Ib. (Screenshot film The Promise)

 

 


Artikel Terkait

Go Back To Home