Arjen Robben Putuskan Pensiun (Lagi) dari Sepak Bola

July 17, 2021

null

Sumber foto: Twitter official Arjen Robben (https://twitter.com/ArjenRobben)

Mantan bintang Bayern Munich dan Chelsea Arjen Robben memutuskan pensiun untuk yang kedua kalinya. Bintang asal Belanda tersebut sebelumnya pernah pensiun pada 2019, namun setahun kemudian ia kembali merumput dan membela Groningen, klub tempat ia memulai karirnya dalam upaya membantu klub untuk pulih dari keterpurukan akibat COVID-19.

Meskipun klub yang bermain di Eredivisie tersebut menawarkan perpanjangan kontrak, Robben memilih untuk pensiun setelah dilanda cedera sepanjang musim 2020-21. Robben memulai debut keduanya bersama Groningen saat melawan PSV pada September 2020, ia hanya bermain 28 menit dan harus ditarik keluar karena cedera.

Pemain yang juga pernah membela Real Madrid tersebut harus absen sepanjang tujuh bulan dan kembali pada April 2021. Pasca pulih, ia hanya tampil tujuh kali sepanjang musim. Robben mengonfirmasi dirinya pensiun melalui akun media sosial Twitter pribadinya.

“Teman-teman sepakbola yang terhormat. Saya telah memutuskan untuk mengakhiri karir sepakbola saya. Sebuah keputusan yang sulit. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas dukungan yang hangat. Salam, Arjen,” Cuit Robben.

----------

Video Rekomendasi: Rileks sejenak sambil tonton penampilan musisi keren di The Remix

----------

Terlepas dari musim terakhirnya, Robben akan dikenang sebagai salah satu pemain terbaik di generasinya. Pada puncak karirnya, Robben adalah salah satu penyerang yang paling ditakuti di Eropa. Ia mengakhiri karirnya dengan raihan trofi yang mengesankan.

Robben bergabung dengan PSV dari Groningen pada 2002 dan langsung memenangkan trofi Eredivisie pada musim pertamanya. Dua musim kemudian, ia pindah ke Chelsea dan memenangkan dua gelar Premier League, dua Piala Liga, dan Piala FA. Pada 2007, pemain asal Belanda tersebut pindah ke Real Madrid, memenangkan La Liga pada 2008 sebelum bergabung dengan Bayern

Munich. Bersama Bayern, Robben memenangkan delapan gelar Bundesliga, satu gelar Liga Champions dan lima gelar Piala Jerman sebelum memutuskan pensiun untuk pertama kalinya pada 2019. Bersama timnas Belanda, Robben tampil sebanyak 96 kali dan berhasil bawa negaranya ke final Piala Dunia 2010.

undefined

Cuplikan gol-gol keren Arjen Robben saat masih membela Real Madrid

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Go Back To Home