Tumbal 97, Kisah Mistis di KM 97 Cipularang

February 19, 2021
nullPoster Tumbal 97. (TrueID)

Kematian istri artis Saiful Jamil, Virginia Aggraeni pada 2011 di Jalan Tol Cipularang KM 97 menjadi inspirasi film Tumbal 97. Film horor yang menceritakan kisah dibalik misteri mengerikan jalan tol yang menghubungkan kota Jakarta-Bandung. 

Adalah Prista (Cinta Dewi), wartawan dari majalah Mistis yang kemudian menyelidiki misteri kematian itu. Dalam pencariannya langsung di KM 97, dia mengambil beberapa foto tempat kejadian dan menemukan benda milik korban. Tapi, saat dia menyelidiki di tempat itu, dia diganggu hantu nenek-nenek yang ingin menyebrang jalan dan tertabrak mobil, tapi ketika Prista hendak melihatnya, sang nenek menghilang. 

Dari mulai kejadian itu, Prista terus diganggu hantu nenek itu. Mulai dari rumahnya hingga ke kantor bahkan hantu itu menyamar menjadi salah satu anak buahnya. Keluarganya juga ikut diganggu hingga adiknya berubah menjadi monster menakutkan.

Tak hanya Prista. Dona (Uli Auliani), model sekaligus teman Prista dan pacarnya Daffa (Robby Purba) juga diganggu hantu dari KM 97. Awalnya dia berhenti di tempat mistis itu karena ada mobil yang memintanya berhenti. Tapi, saat dia berbalik ke jok belakang mobilnya, dia melihat pocong berwajah menyeramkan. Sama halnya dengan Prista, Dona terus diganggu dan disiksa sang pocong bahkan hingga rumahnya.

Prista mencoba membuka tabir misteri KM 97 dan dia datang ke Desa Darang, Cipularang, seperti yang diceritakan seorang paranormal. Di tempat itu, dia menemukan banyak keanehan yang dilakukan seorang penganut aliran sesat, ibu Songka. 

Dalam film ini, Ruben Onsu juga tampil sebagai Nurdin, anak dari Ibu Songka. Berbeda dengan ibunya, Nurdin sosok pria religius yang taat dengan agama. Dia juga terus berusaha agar ibunya kembali ke jalur yang benar tapi selalu gagal. 

nullPrista saat menginvestigasi kematian istri Saipul Jamil di film Tumbal 97. (Tumbal 97)

Sebagai film horor, Tumbal 97 juga menyajikan momen jumpscare walaupun tidak terlalu menakutkan, mungkin bagi pecinta genre ini. Namun, film ini menarik karena mengambil latar belakang KM 97 yang memang hingga saat ini terus menjadi kisah misteri. Di jalur tol ini kerap terjadi kecelakaan maut yang merenggut nyawa. 

Dalam film yang dirilis tahun 2014 ini, ada adegan yang diambil dari kisah nyata meski sedikit diubah di akhir ceritanya. Ketika adik Prista tiba-tiba berubah perangai di dalam mobil saat ayah dan ibunya menuju Bandung. Jika kisah nyatanya, anak yang buang air kecil di KM 97 itu menjadi pendiam setelah kembali ke mobil dan menginap di Bandung dan ternyata itu hantu. Karena, aslinya sang anak menghilang dua hari dan ditemukan berada di pos polisi. Sementara dalam film, sang anak ditawan Ibu Songka bersama kakaknya Prista. 

Lalu bagaimana akhir nasib Prista dan adiknya? Simak kisah misteri ini di TrueID, Kamu bisa menyaksikannya hingga tuntas tanpa perlu berlangganan. (Tya)

 


Artikel Terkait

Go Back To Home