10 Fakta Ida Iasha, Dewi di Giliran Saya Mana!

March 15, 2021
nullIda Iasha dalam sebuah peluncuran produk kecantikan pada 2010. (IG: @idaiasha_fans)

Duet Ida Iasha dan Ray Sahetapy banyak menghiasi perfilman nasional pada era 90-an. Lima film diantaranya yakni trilogy Kanan Kiri Ok, Tahu Sama Tahu, Giliran Saya Mana?

Film Giliran Saya Mana? menjadi film duet kedua mereka sebagai pasangan. Memerankan sosok Dewi, Ida Iasha berperan sebagai istri Dewo (Ray Sahetapy) yang berbohong kepada kedua orang tuanya tentang kondisi rumah tangga mereka. Dengan bantuan Kadir dan Doyok, Dewi berpura-pura sebagai orang kaya. Kisah di film ini bisa Kamu saksikan di TrueID. 

Setelah 32 tahun film dirilis, bagaimana kabar Ida Iasha saat ini dan apa saja fakta tentang perempuan cantik yang pernah terkenal sebagai model iklan sabun di era 90-an. Berikut fakta yang dirangkum TrueID untuk Anda. 

1. Sepanjang kariernya sebagai bintang film Ida Iasha membintangi 27 judul film, salah satu filmnya yakni Giliran Saya Mana? bersama Ray Sahetapy. 

nullIda Iasha sebagai Dewi saat adu akting dengan Ray Sahetapy dan Doyok. (TrueID)

2. Film Tahu Sama Tahu yang rilis pada 1986 menjadi film duet pertama Ida Iasha dengan Ray Sahetapy sebelum akhirnya keduanya kembali berduet di Giliran Saya Mana? dan trilogi Kanan Kiri Ok

nullPoster Kanan Kiri Ok 3. (TrueID)

3. Ida Iasha sempat vakum dari dunia film usai membintangi Tabir Biru pada 1993 bersama Rhoma Irama. 

nullSenyum kecil Ida Iasha (kanan). (IG: @litaharun/ https://www.instagram.com/p/BmPi-H7g08w/)

4. Sinetron Kembang Setaman pada 1998 menjadi kembalinya Ida Iasha ke dunia hiburan. Dan, baru pada 2007, dia kembali ke layar lebar lewat film Kuntilanak 2. 

nullPenampilan Ida Iasha yang tetap modis. (IG: @idaiasha_fans/ https://www.instagram.com/p/CILWnnyLG32/)

5. Ida Iasha tidak pernah menggunakan suara asli di setiap filmnya. Dewi Yul dan Marie Oentoe yang kerap mengisi suara dalam film-filmnya. Suara asli dirinya baru terdengar di film terakhirnya, Sajadah Ka’bah (2011) dan sinetron Kembang Setaman (1994).  

nullKecantikan Ida Iasha yang tak memudar meski sudah tak muda lagi. (IG: Idaiasha_fans)

6. Alasan utama tidak menggunakan suara asli karena Ida Iasha tidak fasih dengan bahasa Indonesia, dia baru pindah ke Tanah Air pada usia 17 tahun dan butuh kursus untuk bisa berbahasa Indonesia dengan baik.

nullDi usia 57 tahun, Ida Iasha masih tetap bugar. (IG: @idaiasha_fans)

7. Ida Iasha memiliki nama lengkap Ida Albertina van Suchtelen van de Haere, lahir di Belanda, 14 Mei 1963 dari pasangan AJC van Suchtelen van de Haere dan perempuan asal Solo, Thelma. 

nullWajah sumringah Ida Iasha bersama rekannya. (IG:@ratnasuwoyo)

8. Ida Iasha menikah muda dengan Eddy Syahputra pada 1982 sebelum terjun ke dunia film. Sebagai mualaf, Ida Iasha mengubah namanya menjadi Ida Aisyah.

nullIda Iasha saat anak-anaknya masih kecil. (IG @idaiasha_fans)

9. Dari pernikahannya, Ida Iasha dikarunia empat orang putra, yakni Rendy Russell Syahputra (1983), Kama Bhaskara (1990), Remyzard Syahputra (1994), dan Badra Rahadi (1997).

nullIda Iasha bersama putra keduanya, Kama Bhaskara. (IG: @idaiasha_fans)

10. Ida Iasha kini sudah menjadi seorang nenek. 

nullIda Iasha bersama menantu dan cucunya. (IG: @idaiasha_fans)

 

 


Artikel Terkait

Go Back To Home