9 Tempat Spektakuler di Harim di Tanah Haram!

April 16, 2021

null

Tempat bersejarah nan pesona di film Harim di Tanah Haram. (TrueID)

Terjerembab dalam dunia hitam prostitusi menutup mimpi Qia (Sylvia Fully) ke Tanah Suci Mekah. Keputusasaan membuatnya larut sampai akhirnya takdir membawanya ke Tanah Haram, tempat yang menjadi impian umat muslim. 

Azzam (Irwansyah) membawanya terbang ke Turki, tempat nan indah yang memiliki sejarah panjang perjalanan Islam. Dia kemudian bekerja di sebuah travel perjalanan umroh plus terbang ke Turki. Dari sinilah kemudian dia mendapat berkah dengan ikut umroh di Masjidil Haram, Mekah. Mimpi Qia terwujud. 

Inilah penggalan cerita dari film Harim di Tanah Haram yang rilis 2015 silam. Film yang mengangkat kisah seorang gadis dalam perjuangannya lepas dari dunia hitam prostitusi. Kisah ini bisa Anda saksikan di TrueID. 

Tak hanya ceritanya menarik film yang diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Abu Hamzah itu, panorama indah tempat-tempat mempesona di Turki dan Mekah, Arab Saudi juga membius penonton. Berikut tempat-tempat itu yang dirangkum TrueID:

1. Blue Mosque

Di awal perjalanannya di Turki, Qia mampir ke Komplek Sultanahmet salah satunya ke Blue Mosque. Masjid yang dibangun 1609-1616 atas instruksi Sultan Ahmed I dari Kesultanan Ottoman. Keramik-keramik berwarna biru banyak mendominasi hiasan dinding dan kubah masjid.

null

Keindahan Blue Mosque dari atas. (TrueID)

2. Hagia Sofia 

Tahun lalu, bangunan ini menjadi pusat perhatian dunia setelah fungsinya diubah kembali menjadi masjid setelah lama hanya menjadi museum. 

null

Qia dan Azzam bersama dua rekannya melintas di depan Hagia Sofia. (TrueID)

3. Menyusuri Selat Bosphorus

Qia dan Azzam sering menghabiskan waktu bersama dengan melintas di Selat Bosphorus. Selat yang memisahkan Benua Eropa dan Asia.

null

Qia dan Azzam di atas kapal ferry wisata di Selat Bosporus. (TrueID)

4. Jembatan Bosphorus, Penghubung Eropa dan Asia

Tak kalah dengan bangunan tua dan bersejarah, jembatan sepanjang 1,5 km itu menghubungkan Turki yang berada di Eropa dan yang berada di Asia. Jembatan ini dibangun pada 1973.

null

Jembatan yang jadi jalur perdagangan Asia dan Eropa. (TrueID)

 

5. Selat Bosphorus dari Camlica Hills

Tak kalah menakjubkan melihat keindahan Selat Bosphorus dari atas bukit. Inilah yang dilakukan Qia dan Azzam saat mengungkapkan rasa cinta mereka.

null

Melihat pemandangan cantik yang bikin hubungan Qia dan Azzam kian romantis. (TrueID)

6. Citadel of Uchisar, Istana Batu di Cappadocia

Bukit bebatuan yang pernah menjadi benteng pertahanan penduduk Cappadocia sejak zaman Kekaisaran Byzantium. Bentengnya mirip bukit dengan lubang-lubang di sisinya yang merupakan kamar-kamar.

null

Azzam dan Qia dengan latar belakang Istana Batu Cappadocia di belakangnya. (TrueID)

7. Menikmati balon udara di Cappadocia.

Selain menikmati pemandangan alam, Azzam dan Qia menjajal balon udara di Cappadocia. Wisata ini sangat diminati banyak pengunjung.

null

Azzam menyatakan cintanya kepada Qia saat naik balon udara di Cappadocia. (TrueID)

8. Masjidil Haram

Masjidil Haram, tempat tujuan impian umat Islam. Sama seperti halnya Qia yang selalu berdoa menginjakkan kaki di Tanah Haram dan dia menemukan takdirnya dengan beribadah umroh di sana. Dan, di tempat ini juga dia akhirnya menikah dengan lelaki pujaannya, Azzam.

null

Qia dan Azzam saat mengelilingi Ka’bah dalam ibadah umroh mereka. (TrueID)

9. Ka’bah

Qia berkesempatan berdoa di depan Ka’bah. Momen ini bisa menjadi paling spesial bagi siapapun muslim yang mendapat panggilan Allah SWT beribadah umroh atau haji ke Mekkah.

null

Qia saat berdoa di depan Ka’bah agar dipertemukan kembali dengan ayah kandungnya. (TrueID)

 

Perjalanan Qia dari Makassar akhirnya bisa menginjakkan kaki di Turki dan Mekkah dengan pemandangan nan memesona dari tempat-tempat sejarah Islam bukan hal yang sulit jika Anda memiliki kemampuan. Paket umroh kerap menyajikan perjalanan ini dan sudah banyak yang melakukannya, namun karena situasi pandemi, rasanya sulit untuk bisa mencobanya saat ini.  

Namun jangan sedih, Anda bisa menyaksikan semua tempat-tempat itu dengan menonton film Harim di Tanah Haram di TrueiID. Anda bisa menonton hingga tuntas tanpa berlangganan. (Tya)

 


Artikel Terkait

Go Back To Home