Review The Swimmers: Antara Persahabatan dan Pengkhianatan

January 5, 2021
nullPoster film The Swimmers. (Sumber foto: GTH Channel)

Sutradara Sopon Sukdapisit paling jago meramu film horor. Laddaland adalah salah satu film horor hasil karya fenomenalnya. Catatan itu membuat karya Sukdapisit selalu dinantikan, salah satunya saat dia merilis film The Swimmers pada 2014 lalu.

Tak hanya menyajikan kisah horor, film yang memadukan unsur thriller di dalamnya akan membawa penonton terhanyut untuk mencari jawaban atas misteri yang terjadi. Kisah cinta segitiga yang dibalut cerita mistis dengan dukungan sinematografi yang mumpuni. 

Ice (Supassra Thanachat), pacar Tan (Thanapob Leeratanakajorn) berselingkuh dengan sahabat pacarnya, Perth (Chutavuth Pattarakampol) yang juga seorang atlet renang. Perselingkuhan itu berujung kehamilan Ice. Ice dan Perth lalu kelimpungan hingga akhirnya memutuskan melakukan aborsi. 

Di awal cerita The Swimmers, Ice diceritakan melakukan bunuh diri. Terjun dari papan 10 meter loncat indah ke kolam renang yang sedang kering. Kolam renang itu adalah tempat biasa Tan dan Perth berlatih. Bunuh diri yang dilakukan Ice menyimpan banyak misteri dan Tan merasa curiga akan hal itu. 

Lewat alur maju mundur, penonton dibawa untuk mengetahui latar belakang hubungan Ice, Tan dan Perth. Unsur jumpscare tetap jadi bumbu film dengan porsi yang seimbang.

Sejak kematian Ice, Perth menjadi paranoid. Selain terus dihantui arwah gentayangan Ice, rasa berdosanya menghilangkan nyawa sang jabang bayi membuat dia berhalusinasi, jika dirinya hamil. Tentu saja kejadian terhadap Perth tak masuk akal, tapi Sukdapisit menjawab kejadian aneh itu lewat jabaran ilmiah yang bisa diterima penonton. 

nullIce saat menerima hadiah dari Perth saat menunggu pacarnya, Tan yang tak kunjung datang. (Scerenshot The Swimmers)

Pesan moral sangat kental di film The Swimmers itu. Dosa masa lalu kerap menghantui siapapun. Tapi, tidak seperti film horor lain, Anda akan melihat akhir film yang mengejutkan. Sedikit ambigu tapi justru yang membuat film ini terlihat lebih keren!

Penasaran bagaimana kisah film ini berakhir! Nonton film The Swimmers tanpa perlu berlangganan di TrueID. (Tya)

 

 


Artikel Terkait

Go Back To Home