7 Jalan Berhantu di Asia, Tol Cipularang Salah Satunya!

February 19, 2021
nullTumbal 97, film yang mengangkat kisah misteri di KM 97 tol Cipularang. (TrueID)

Rumah berhantu atau tempat angker seperti kuburan, gunung atau danau akan langsung terlintas di benak siapapun kalau sudah bicara dunia mistis. Tapi, terkadang orang lupa, bahwa jalanan juga menyimpan cerita menyeramkan yang mungkin jika Anda mengetahui dan melewatinya akan langsung ngebut dengan kencang. 

Di beberapa jalanan di dunia, terdapat kisah hantu-hantu menyeramkan dan cerita yang bakal membuat bulu kuduk Anda berdiri. Dari deretan itu, kisah jalan paling menakutkan di dunia, dua di antaranya ada di Indonesia. 

Banyaknya korban jiwa akibat kecelakaan di jalanan itu atau kisah menggemparkan penampakan sosok menakutkan biasanya menjadi penyebab jalanan ini ditakuti. Berikut 7 jalan berhantu di Asia, yang dirangkum TrueID dari berbagai sumber. Termasuk KM 97 jalan tol Cipularang, Jakarta-Bandung yang sempat dijadikan inspirasi film Tumbal 97:

1. Jalan Bei Yi, Taiwan
Kondisi berkelok-kelok jalan Bei Yi yang menghubungkan Taipei dengan Yilan County, Taiwan dianggap salah satu penyebab banyaknya kecelakaan di tempat ini. Upaya perbaikan di lintasan pegunungan ini juga tak berhasil karena kecelakaan masih begitu tinggi. Situasi itu membuat warga sekitar membakar uang hantu atau jin zhi (uang untuk alam gaib) agar arwah-arwah yang meninggal di tempat itu menjadi tenang. 

nullJalan berhantu Bei Yi, Taiwan. (https://i1.wp.com/taiwanforeigner.com)

2. E8 Expressway, Malaysia
Jalan E8 Expressway yang dikenal sebagai Kuala Lumpur–Karak Expressway dikenal sebagai jalan paling berhantu di dunia. Salah satu cerita menyeramkan terjadi ketika satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak kecil, mobilnya tiba-tiba mogok. Sang ayah mencoba mencari bantuan dan telepon umum, dia berpesan kepada istrinya tidak meninggalkan mobil apapun yang terjadi. Itu dia lakukan meski ada suara keras di atap mobil. 

Sang ibu dan anak akhirnya ditemukan petugas dan mereka diminta untuk tidak menengok ke belakang saat dibawa menuju mobil patroli. Tapi, sang istri nekat melakukannya dan melihat sesosok mahluk seperti hantu memukul kepala suaminya yang sudah terpenggal. Selain kisah mengerikan itu, di jalan ini juga sering ada penampakan anak sekolah yang tersesat dan Pontianak (Kuntilanak) serta mobil VW berwarna kuning tanpa pengemudi. 

nullPontianak atau Kuntilanak sering didapati menumpang VW berwarna kuning tanpa supir. (https://thesmartlocal.com/malaysia/wp-content)

3. Jalan Rama IX, Thailand
Kejadian menyeramkan di jalan ini sempat viral pada 2016 ketika seorang jurnalis Thailand, Powarit Katul membagikan video hantu miliknya. Dalam video itu, ada penampakan seorang gadis duduk di belakang kap mobil yang bergerak dalam kecepatan hingga 50 km/jam. Polisi sempat memeriksa nomor plat mobil dan lisensi mobil tapi tidak sesuai dengan deskripsi yang tampak di video dan hingga kini kabar tentang mobil dan wanita itu tidak diketahui. Di jalan ini juga seringkali ada penumpang misterius yang menumpang taksi dan tiba-tiba menghilang. 

nullPotongan gambar video sosok perempuan yang duduk di belakang mobil dengan kecepatan tinggi yang viral pada 2016. (https://i.dailymail.co.uk)

4. Jalan Tuen Mun, Hong Kong
Jalan Tuen Mun banyak memakan korban jiwa. Korban-korban itu dipercaya warga setempat berubah menjadi hantu dan kerap muncul di tengah jalan hingga membuat pengemudi banting setir dan kecelakaan. Kecelakaan paling fatal terjadi pada 2003, ketika bus yang melaju kencang menewaskan 21 penumpangnya. Pasca kejadian, banyak yang sering melihat arwah mereka berada di sekitar jalan.

null

Para pengendara kerap dihantui arwah hingga terlibat kecelakaan maut. (https://www.dangerousroads.org/images/stories/__Roads00000af/0Tuen%20Mun%20Road0.jpg)

5. Terowongan Casablanca, Indonesia
Terowongan Casablanca yang berada di Kuningan, Jakarta Selatan dan jadi jalur penghubung Jatinegara dan Sudirman. Jalan ini menjadi salah satu tempat paling angker di Jakarta dan sudah begitu terkenal. Penampakan kuntilanak berbaju merah, hantu nenek tua dan penampakan makhluk lainnya lagi menjadi kisah urban bertahun-tahun. 

Banyak kisah yang melatarbelakangi roh-roh penasaran itu, mulai dari digusurnya kuburan massal untuk proyek ini dan hanya menyisakan satu jenazah utuh yang belum dipindahkan tapi sudah tertimbun konstruksi. Pria yang gantung diri dengan spanduk, atau kisah perempuan yang diperkosa ramai-ramai hingga tewas hingga akhirnya menuntut dendam dan arwahnya tetap berada di terowongan itu. 

nullTerowongan Casablanca sudah sejak pembangunan terkenal keangkerannya. (https://cdns.klimg.com/otosia.com)

6. Jalan Tol Cipularang, Indonesia
Jalan tol penghubung Jakarta-Bandung ini sudah sangat terkenal keangkerannya terutama di KM 97 yang kerap menjadi titik terjadinya kecelakaan. Insiden paling menyita perhatian adalah ketika istri Saipul Jamil, Virginia Anggraeni meninggal dunia pada 2011 setelah mengalami kecelakaan maut di tempat itu. Penampakan hantu perempuan kerap dilaporkan para pengemudi yang melintas. Tak heran, banyak yang mengenal jalan ini sebagai “Jalan Tengkorak”.

Kejadian aneh juga pernah terjadi pada satu keluarga usai anaknya buang air kecil di KM 97 ini. Sang anak tiba-tiba berubah perangai menjadi pendiam selama berada di Bandung. Situasi itu membuat orang tuanya buru-buru kembali ke Jakarta. Ketika mendekati KM 97, sang anak meminta buang hajat di tempat itu kembali dan karena merengek sang ayah akhirnya menuruti permintaannya. Tapi, setelah ditunggu sang anak justru tak kembali ke dekat mobil, ayahnya berusaha mencari sang anak dan tidak menemukannya. Hingga akhirnya sang anak ditemukan berada di pos polisi. Paling mengagetkan adalah sang anak sudah dua hari berada di pos polisi tersebut. Lalu siapa anak yang ikut dengan mereka ke Bandung? Penggalan kisah nyata itu diangkat di film Tumbal 97 yang bisa Kamu saksikan di TrueID.

nullPrista (Cinta Dewi)  saat menginvestigasi kematian istri Saipul Jamil di film Tumbal 97. (Tumbal 97)

7. National 33, India
Di jalan National 33 ini ratusan orang tewas, diperkirakan sudah mencapai 245 orang sejak 2010. Arwah gentayangan para korban memicu banyak kecelakaan lainnya hingga saat ini termasuk juga arwah perempuan berbaju putih yang seringkali menganggu para pengendara. Kendati sudah dibangun kuil di pintu masuk dan keluar jalan, tapi masyarakat setempat meyakini doa sama sekali tidak membantu dan bahkan tidak berguna untuk mengusir para hantu di jalan ini. (tya)

nullHantu perempuan berbaju putih kerap dijumpai di National 33, India. (https://www.dangerousroads.org)

 


Artikel Terkait

Go Back To Home