Gianluigi Donnarumma Pemain Terbaik Euro 2020

July 12, 2021

null

Sumber foto: Official Twitter Timnas Italia (https://twitter.com/azzurri)

LONDON - Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai pemain terbaik Euro 2020. Penjaga gawang yang musim lalu bermain bersama AC Milan tersebut menjadi pahlawan Gli Azzurri setelah menggagalkan dua tendangan penalti Inggris dalam adu penalti yang berakhir dengan skor 3-2. Donnaruma merupakan kiper pertama sepanjang sejarah turnamen yang terpilih menjadi pemain terbaik.

Pada Euro 2020, kiper yang baru berusia 22 tahun tersebut menjadi pilihan utama Roberto Mancini dan hanya kehilangan satu menit bermain, saat digantikan Salvatore Sirigu di menit ke-89 dalam laga terakhir fase grup melawan Wales. Gawang Donnarumma tidak kebobolan sepanjang fase grup, dan baru kejebolan saat menghadapi Austria di Babak 16 Besar. 

---------

Video Rekomendasi: Tonton tingkah kocak Indro Warkop yang bikin ngakak 

---------

Pemain anyar Paris Saint-Germain itu bermain selama 719 menit, kebobolan empat gol, melakukan sembilan penyelamatan dan menciptakan tiga clean sheet di sepanjang kompetisi. Ia juga melakukan beberapa penyelamatan krusial seperti saat Italia menyingkirkan Spanyol di semifinal.

Pada babak final melawan Inggris penampilan impresifnya berlanjut. Di babak adu penalti Donnarumma sukses menahan 2 tembakan penendang terakhir lawan yang membantu Italia menjadi juara. Dilansir dari OptaPaolo, kiper didikan akademi AC Milan itu berhasil memenangkan semua pertandingan adu penalti saat dia menjadi kiper, 3 bersama klub, dua bersama timnas.

Sejak memulai debutnya di Serie A pada usia 16 tahun 242 hari, Donnarumma memang digadang-gadang bakal jadi kiper kelas dunia. Saat usianya 17 tahun, ia memulai debutnya bersama timnas senior Italia, menjadikannya sebagai kiper termuda sepanjang sejarah untuk juara dunia empat kali itu. 

undefined

Aksi keren Gianluigi Donnarumma saat gagalkan penalti

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Go Back To Home