5 Film Horor yang Diangkat dari Cerita Rakyat

December 16, 2020

 

null

Cerita rakyat atau cerita legenda yang didengar masyarakat secara turun temurun banyak menginspirasi insan perfilman untuk mengangkatnya menjadi cerita visual ke layar lebar. Kisah cerita rakyat berunsur horor menjadi salah satunya jenis cerita yang kerap menjadi priimadona dan menjadi film box office di Indonesia. 

Beberapa film mungkin sudah kamu ketahui dan sudah pernah kamu tonton di bioskop. Namun ada beberapa film dari cerita rakyat lainnya, yang mungkin belum kamu tonton karena dirilis beberapa belas atau puluh tahun lalu.

Berikut lima film yang diangkat dari kisah legenda horor yang bisa Kamu saksikan di TrueID. Asiknya, Kamu tak perlu berlangganan untuk menonton kisah film-film berikut ini lho:

1. Sundel Bolong

Hantu Sundel Bolong sudah melegenda sejak lama, bahkan hantu perempuan dengan punggung bolong itu masih kerap ditemukan kisahnya hingga saat ini. Kisah hantu ini pernah tenar ketika diperankan Suzanna dengan judul sama dengan nama sang hantu, Sundel Bolong pada 1981. 

Dalam cerita, Alisa (Suzanna) adalah seorang mantan pekerja seks. Hidupnya mulai berubah setelah menikahi Hendarto (Barry Prima). Namu malang buat Alisa, petaka menimpanya. Ia diperkosa seorang pemilik butik hingga hamil. Situasi itu membuatnya frustasi hingga memilih bunuh diri dalam kondisi hamil. Sejak kematiannya, Alisa menjadi arwah gentayangan yang dikenal sebagai Sundel Bolong.

null

Hantu Sundel Bolong yang diperankan Suzanna. (Screenshot film Sundel Bolong)

2. Nina Bobo

Kisah horor yang mewarnai lahirnya lagu Nina Bobo menginspirasi Jose Poernomo melahirkan film dengan judul yang sama, Oo Nina Bobo. Dalam film ini dikisahkan ke tabu-an menyanyikan lagu pengantar tidur tersebut. Jika seseorang melanggar kisah tabu tersebut, maka akan berakibat fatal pada orang tersebut. Itulah yang terjadi pada Karina yang diperankan Revalina S Temat saat merawat seorang anak Ryan Saputra, yang keluarganya tewas misterius. 

null

Hantu anak kecil yang kerap hadir menghantui Karina di film Oo Nina Bobo. (Screenshot film Oo Nina Bobo)

3. Hantu Tanah Kusir

Kisah urban dari Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Selatan Jakarta ini diangkat ke dalam film berjudul Hantu Tanah Kusir yang rilis tahun 2010. Bercerita tentang hantu Siti Fatimah (Eva Asmarani) yang kerap naik delman saat gentayangan. Jupri (Zacky Zimah) secara tak sengaja membawa delman milik Siti yang tertukar di kawasan makam. Akibat kedua delman mereka tertukar, rezeki tiba-tiba menghampiri Jupri dan membuatnya memiliki banyak uang dari hasil menyewakan delman. Tapi kebahagian Jupri ini terjadi hanya sementara, karena Siti Fatimah menginginkan delmannya kembali.

null

Poster film Hantu Tanah Kusir. (Screenshot film Hantu Tanah Kusir)

4. Nang Nak

Hantu Mae Nak sangat terkenal di Thailand hingga ada sebuah kuil khusus untuk memujanya. Tak heran ketenaran hantu Nak itu diangkat sineas Thailand menjadi sebuah film dengan judul Nang Nak pada 1999. Film pertama yang mengangkat kisah hantu itu menjadi box office dan kisahnya kemudian beberapa kali difilmkan. 

Versi pertama cerita ini mengangkat kisah Nak (Intira Jaroenpura), seorang perempuan yang meninggal saat melahirkan anaknya disaat sang suami, Tid Mak (Winai Kraibutr) pergi berperang. Suatu hari, Mak kembali pulang dan bertemu dengan Nak dan buah hatinya, yang tanpa dia sadari sang istri dan anaknya ternyata sudah berwujud sosok hantu gentayangan. 

null

Tid Mak memeluk anak dan istrinya Nak saat kembali pulang ke rumah. (Screenshot film Nang Nak)

5. Nyi Blorong

Mitos Nyi Blorong terkenal di daerah pesisir selatan Pulau Jawa. Kisahnya tak lepas dari kekuasaan Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan, legenda rakyat dari tanah Jawa. Kisah ini diangkat menjadi film yang berjudul sama, Nyi Blorong, yang dibintangi oleh Suzanna. 

Dalam cerita rakyat, Nyi Blorong merupakan panglima perang Nyi Roro Kidul. Dalam film yang rilis 1982 ini, Nyi Blorong merupakan putri Nyi Roro Kidul. Dengan kekuasaannya, Nyi Blorong memberi kekayaan kepada Rd. Cokro (HIM Damsyik) yang melakukan pesugihan. Syaratnya, Cokro harus memberikan tumbal keluarganya. Akhirnya Cokro pun menumbalkan pacar anaknya yang tampan Andika (Barry Prima). Bukannya membunuh Andika, Nyi Blorong justru menyukainya.

null

Suzanna yang memerankan sosok Nyi Blorong. (Screenshot film Nyi Blorong)

 

 


Artikel Terkait

Go Back To Home