Empat Penyebab Hilangnya Lantai 13!

January 8, 2021
nullPoster Lantai 13. (Screenshot film Lantai 13)

Film Lantai 13 yang dibintangi Widi AB Three tentang hilangnya lantai 13 di Gedung Imperial tak hanya sekedar cerita mistis imajinasi insan film. Kisah lantai 13 sudah sejak lama jadi kisah misteri yang kerap hilang dari gedung perkantoran atau hotel. 

Di kota besar New York, Amerika Serikat, dalam sebuah laporan The Atlantic pada 2015 fakta mengejutkan diungkap media tersebut. Dari 629 kondominium di kota metropolitan itu, hanya 55 gedung yang memiliki lantai 13 atau setara dengan 9 persen. Di kota besar seperti Jakarta, di beberapa hotel dan gedung juga tidak terdapat lantai 13. 

Lalu apa penyebab lantai 13 hilang? Tak ada yang tahu sejak kapan angka 13 menjadi angka keramat dan menakutkan bagi gedung, berlantai atau bangunan tinggi lebih dari 13 lantai. Tapi, hal ini sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu, dan tak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di dunia. 

Berikut empat alasan lantai 13 dihapus pemilik gedung.

1. Angka 13 dianggap membawa kesialan dan menyimpan mistis yang menakutkan. Tak heran, mereka lebih memilih menjadikan lantai itu sebagai 12A atau langsung lantai 14 ketimbang lantai 13. 

nullLuna bersama Laras (Virnie Ismail) yang berperan sebagai sekretaris Imperindo di film Lantai 13. (Screenshot film Lantai 13)

2. Menjaga kenyamanan bagi pengunjung atau tenant yang menyewa tempat mereka karena berdasarkan survei banyak orang yang tidak ingin berada di lantai 13. Ataupun jika bekerja, mereka tidak ingin berlama-lama di lantai tersebut.

nullBerdasarkan penelitian 80 persen lift gedung tinggi di Amerika Serikat tanpa lantai 13. (Foto: http://www.mowreyelevator.com/industry-updates/rule-13-isnt-13th-floor/)

3. Mencegah pengunjung atau penyewa yang memiliki triskaidekaphobia atau ketakutan terhadap angka 13 mengalami masalah terhadap lantai tersebut.

nullPhobia terhadap angka 13 atau triskaidekaphobia juga memicu ketakutan pada lantai 13. (Foto: https://timesofindia.indiatimes.com)

4. Banyak yang mengaitkan sejarah masa lalu dengan angka 13 dan termasuk di dalamnya lantai 13. Ada yang mengaitkan sejarah itu dari sisi keagamaan, hingga kebetulan sejarah buruk yang berkaitan dengan angka 13. Namun film serial Friday 13th yang populer pada 1980-an dianggap paling membentuk ketakutan atas angka dan lantai 13. 

Tapi, jangan salah di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, tak hanya angka 13 yang disebut angka sial tapi juga angka 4. Jadi, jangan heran jika tak hanya lantai 13 yang hilang tapi juga lantai empat. 

 

nullLuna kaget saat masuk ke dalam lift dan hendak turun ke lobi gedung Imperial, tombol lantai 13 hilang dari lift. (Screenshot film Lantai 13) 

Mau melihat misteri Lantai 13? Yuk, nonton film Lantai 13 yang dibintangi Widi dan Ariyo Wahab di TrueID. Kamu bisa streaming langsung tanpa perlu berlangganan. (Tya)

 

 


Artikel Terkait

Go Back To Home