6 Fakta Dibalik Malam Keramat Jumat Kliwon

March 25, 2021
nullPoster film Kesurupan Jumat Kliwon. (TrueID)

Film Kesurupan Jumat Kliwon mengambil inspirasi dari hari keramat yang dipercaya banyak orang terutama di Jawa. Kisah mistis Jumat Kliwon inilah yang diangkat George Hutabarat yang mengisahkan empat orang pemuda, Cindy (Marcella Daryanani), Rocky (Fauzan Nasrul), Lemon (Arick Pratama) dan Daniel (Ryan Febryan) yang berniat bunuh diri tapi menemukan fakta lain di vila tempat mereka menginap.

Cindy sejak awal tiba di vila diganggu penampakan sosok hantu perempuan sosok hantu perempuan yang kemudian kerasukan arwah tersebut. Arwah yang di maksud tak lain adalah arwah dari hantu perempuan yang menganggu mereka. Kisah tragis yang dialami sang arwah membuatnya mengganggu keempat pemuda terutama Cindy demi menemukan kedamaian arwahnya di dunia lain.

Kendati tak banyak tergali tentang Jumat Kliwon di film ini, namun secara garis besar malam yang keramat itu menjadi benang merah perjalanan mereka bertemu arwah penasaran. Dibalik itu semua, apa saja fakta tentang Jumat Kliwon yang masih dipercaya sebagian masyarakat Indonesia, TrueID merangkumnya untuk Kamu.

1. Kliwon adalah hari keempat dalam penanggalan Jawa atau pancawara. Sementara Jumat adalah hari keenam dalam hitungan masehi. Di film Kerasukan Jumat Kliwon, mereka mengambil tema hari keramat ini dan Cindy, Rocky, Lemon dan Daniel melarikan diri tepat di hari itu. 

nullKalender Jawa, Pancawara yang hanya terdiri dari lima hari. (Sumber: https://roompoetliar.tumblr.com/)


2. Jumat Kliwon selalu disebut malam keramat, tidak ada literatur yang bisa menjelaskan ini. Tapi, berdasarkan budaya Jawa terutama Yogyakarta, puasa yang mereka lakukan selama 40 hari harus dituntaskan tepat di malam Jumat Kliwon. Selama puasa itu, mereka harus menyediakan berbagai jenis sesajen. Sesajen seperti yang dilakukan ibu Songka di film
Tumbal 97 yang salah satunya dibintangi Ruben Onsu.

nullSajian sesajen yang biasanya untuk menghormati arwah para leluhur. (IG: @trishadevv)

 


3. Ada kepercayaan malam Jumat Kliwon malam yang sangat mistis dimana para arwah bergentayangan dan para leluhur kembali pulang.

nullSosok hantu anak perempuan di film horor Oo Nina Bobo. (TrueID)


4. Malam Jumat Kliwon juga dianggap paling tepat bagi seseorang melakukan kejahatan ilmu hitam terutama santet yang di beberapa daerah di Indonesia masih kental dengan budaya ini. 

nullBudaya Jawa masih kental dengan hal mistis dan banyak yang mengaitkan dengan Jumat Kliwon, salah satunya kisah Muni (Sigi Wimala) di Hi5teria. (TrueID)

5. Kisah malam Jumat Kliwon di Indonesia saat ini juga dipengaruhi budaya di Eropa terutama terkait Friday 13th. Apalagi di era 80 dan 90-an, kisah serial Friday 13th yang tayang di tv milik pemerintah kian mengentalkan kepercayaan masyarakat tentang keramatnya Jumat Kliwon.

nullAngka 13 selalu disimbolkan sebagai kesialan dan hal buruk seperti film 13 yang bisa Anda saksikan di TrueID. (TrueID)


6. Kisah mistis dan keramat malam Jumat Kliwon kian kental pada masyarakat ketika insan perfilman terutama di era 80-an banyak memproduksi film-film horor terkait ini. Salah satunya film Suzanna di film Malam Jumat Kliwon yang rilis 1986. Tak heran, jika film sejenis seperti Kesurupan Jumat Kliwon yang bisa Anda saksikan tuntas tanpa berlangganan di TrueID, masih disukai masyarakat. (tya)

nullHantu Sundel Bolong yang diperankan Suzanna. (TrueID)

 

 

Loading...
Loading...
Loading...
Go Back To Home