Piala AFF Dipastikan Digelar Tahun Ini

July 22, 2021

null

Sumber foto: Website Resmi AFF Suzuki Cup (affsuzukicup.com)

Setelah sempat ditunda penyelengaraannya yang seharusnya digelar akhir tahun 2020 lalu, turnamen antar negara-negara Asia Tenggara Piala AFF akhirnya dipastikan akan tetap berlangsung pada tahun 2021 ini. Meski sebagian besar negara-negara Asia Tenggara masih dilanda pandemi Covid-19, Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) menyatakan turnamen yang melibatkan 10 negara ini akan tetap berjalan sesuai rencana.

Menurut Presiden AFF, Sameth Khiev, Piala AFF tahun ini akan berbeda karena adanya perubahan format yakni ditiadakannya laga kandang dan tandang seperti edisi sebelumnya. Sementara drawing pembagian grup dijadwalkan akan dilakukan pada 10 Agustus mendatang.

"Drawing (Piala AFF) digelar 10 Agustus. Kami sadar perlunya persiapan untuk menghadapi situasi pandemi COVID-19. Perubahan (format) mungkin akan terjadi dan kami mungkin akan menyiapkan venue netral," ujar Presiden AFF Sameth Khiev, dilansir dari media Vietnam Suckhoedoisong.

"Karena kami mau memastikan keselamatan dan kesehatan para pemain yang merupakan prioritas utama. Keputusannya akan diumumkan akhir Juli," lanjutnya.

Nantinya Piala AFF akan tetap dibagi menjadi dua grup, dan akan dipilih satu negara yang menjadi tuan rumahnya. Sementara format kandang dan tandang yang biasanya menjadi format di babak semifinal dan final juga akan dihilangkan dan menjadi satu leg saja dengan venue netral. 

Pembagian Pot untuk Drawing Piala AFF 2020

Pot 1: Thailand, Vietnam
Pot 2: Indonesia, Malaysia
Pot 3: Filipina, Myanmar
Pot 4: Singapura, Kamboja
Pot 5: Laos, Timor Leste/Brunei (playoff)

undefined

Cuplikan debut Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners FC

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Go Back To Home