Review Bikeman: Tukang Ojek ‘Ngaku’ Pegawai Bank

November 24, 2020

Sakkarin malu saat teman sekolahnya, Jai mengenali dirinya sebagai tukang ojek.

Sakkarin harus memutar otak agar kebohongannya tidak terbongkar. Berbagai cara dia lakukan agar ibu dan neneknya tidak mengetahui profesi aslinya sebagai tukang ojek, bukan pegawai bank seperti harapan mereka. 

Peach panggilan Pachara Chirathivat memerankan sosok Sakkarin di film komedi asal Thailand tersebut. Setiap hari, dia berangkat kerja dari rumahnya di Ayutthaya menuju kota Bangkok dengan setelan kemeja lengan panjang dan celana bahan yang rapi dan lengkap layaknya pegawai bank. Tapi, sesampainya di ibukota Thailand, Sakkarin langsung mengganti pakaiannya dengan seragam tukang ojek. 

Selama satu tahun sejak lulus, Sakkarin menjalani profesinya sebagai tukang ojek. Dia bahkan menjadi salah satu andalan di pangkalannya. Sakkarin sebenarnya bukan tanpa usaha demi mewujudkan mimpi keluarganya. Dia sudah berulang kali melamar pekerjaan di berbagai bank tapi selalu berujung penolakan. 

Konflik dalam film Bikeman ini dimulai ketika Sakkarin bertemu teman sekolahnya Jai yang diperankan Sananthachat Thanapatpisal. Sakkarin harus mengantar Jai ke tempat kerja yang ternyata di sebuah bank, tempat impiannya bekerja. Dalam perjalanan, Jai mengenali sosok tukang ojek yang ditumpanginya, yang tak lain Sakkarin, teman sekolahnya. Dari pertemuan itu, mereka mulai intens bertemu. 

Di sisi lain, paman Sakkarin, Preecha (Kom Chauncheun) mulai mencium gelagat bohong sang keponakan. Situasi ini membuat Sakkarin kewalahan untuk meredam rasa curiga sang paman. 

Kucing-kucingan dan usaha Sakkarin inilah yang melahirkan aksi-aksi lucu dalam film ini. Aksi komedi ‘receh’ terasa lewat adegan-adegan seperti saat Sakkarin membonceng ibu dan neneknya saat menuju rumah sakit, atau ketika dua temannya yang tukang ojek menyamar menjadi pegawai bank saat ibunya meminta dia mengajak rekan-rekannya ke rumah. 


Profesi asli Sakkarin nyaris ketahuan ibunya Suree ketika keduanya yang sama-sama berhenti di lampu merah.

Film Bikeman memang tak selucu film-film komedi Thailand lain yang biasanya membuat orang terbahak-bahak. Menawarkan komedi slapstick, adegan lucu di film ini justru kadang membuat orang mengernyitkan dahi karena usaha mereka membuat lucu justru terasa ‘garing’.

Tapi, ada pelajaran berharga di film ini. Sakkarin begitu mendambakan kerja di bank, tempat Jai kerja. Sementara, Jai merasa terkungkung dan penat dengan profesinya sebagai teller hingga setiap hari selalu memikirkan untuk mengundurkan diri dan mengejar mimpinya sebagai pilot. Dari sini bisa terlihat, nilai sebuah profesi tergantung siapa yang melihat. 

Kisah Bikeman yang berdurasi 80 menit ini terasa berbeda di penghujung film. Aksi sang ibu, Suree (Jennifer Kim) akan membuat siapapun yang menonton hingga akhir akan menangis. Reaksi alami yang akan diperlihatkan ibu manapun ketika buah hatinya berbohong. 

Tertarik menontonnya? film yang rilis 2018 itu bisa kamu streaming tanpa berlangganan di TrueID. 

 

 

Baca Selengkapnya
Loading...
Loading...
Loading...
Go Back To Home