5 Hal Tentang Pasar Setan dari Film Omnibus Hi5teria

February 8, 2021

5 Hal Tentang Pasar Setan dari Film Omnibus Hi5teria

nullSari dan Zul, dua pendaki yang tersesat di Pasar Setan, Gunung Lawu. (Screenshot Hi5teria)

Kisah mistis Gunung Lawu tak pernah habis untuk diceritakan. Selain dari mulut ke mulut masyarakat setempat, kisah para pendaki yang menjelajah gunung ini seringkali menjadi konsumsi publik. Tak heran, jika Starvision lewat film Hi5teria mengangkat salah satu cerita mistis di Gunung Lawu dengan kisah Pasar Setan. 

Pasar Setan di Gunung Lawu diceritakan dalam Hi5teria tentang seorang pendaki bernama Sari (Tara Basro) yang tersesat dan kehilangan jejak sang pacar Jaka (Egy Fedly). Dalam pencariannya, dia bertemu Zul (Dion Wiyoko) yang juga ketinggalan kawannya saat mendaki. 

Zul membantu Sari mencari Jaka, dalam pencarian itu, dia mendengar sayup-sayup suara keramaian mirip pasar. Sari sudah melarang Zul untuk mendekatinya tapi pria ini tak menggubris. Petaka yang kemudian terjadi, Zul kehilangan Sari dan dia kian tersesat jauh. Kisah Zul dan Sari ini bisa Kamu saksikan dengan streaming tanpa berlangganan di TrueID.

Kisah Pasar Setan mungkin sudah banyak diulas para pendaki. Tapi TrueID merangkumkan kembali fakta-fakta tentang Pasar Setan Gunung Lawu dari berbagai sumber untuk Kamu. 

1. Pasar Setan dalam film Hi5teria berada di Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Gunung ini terletak di antara provinsi Jawa Tengah dan Timur dan berada di tiga kabupaten, Karanganyar (Jawa Tengah), Magetan dan Kabupaten Ngawi (Jawa Timur).

nullPoster film Hi5teria. (TrueID) 

2. Pasar Setan berada di jalur pendakian Candi Cetho yang berada di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.
Jalur ini kabarnya paling banyak kisah mistisnya. Dua jalur lainnya di gunung ini terletak di Cemoro Kandang di Blumbang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar dan Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur. 

nullPendaki melewati papan nama Pasar Dieng alias Pasar Setan Gunung Lawu. (IG: @bernitarean)

3. Pasar yang kerap menghantui para pendaki terletak di pos 5.
Butuh perjalanan 70 menit dari pos 4, jalur Candi Cetho, menuju Pasar Setan di Pos 5. Pasar setan akan terlihat setelah para pendaki melewati deretan savana dari Gupakan Menjangan hingga Pasar Dieng. 

nullPemandangan dari Pasar Setan Gunung Lawu. (IG: @bazzonesia)

4. Bukan seperti pasar pada umumnya, pasar yang dikenal dengan Pasar Dieng itu terdiri dari tumpukan batu yang tak beraturan.
Di sekelilingnya tumbuh pepohonan yang tidak terlalu rimbun.

nullAda beberapa larangan saat di Pasar Setan, selain terpampang di papan reklame, larangan mistis juga banyak diyakini para pendaki Gunung Lawu. (IG: @bubu0509)

5. Mitos saat berada di Pasar Setan harus dipatuhi pendaki.
Para pendaki harus meninggalkan uang koin atau berapapun uang yang mereka miliki jika mendengar suara-suara aneh terlebih ada yang menawarkan dengan kalimat,”Mau beli apa?”. Pendaki harus menjawab seolah ingin membeli barang dengan mengambil apapun yang ada di sekitarnya, seperti batu, tanah atau daun.

nullBebatuan di Pasar Setan Gunung Lawu. (IG: @raynardthanpontoh)

Ingin tahu lebih lanjut tentang Pasar Setan di film Hi5teria? Kamu bisa langsung streaming film ini tanpa berlangganan di TrueID. (Tya)

 

 

 


Artikel Terkait

Go Back To Home