Kukejar Cinta ke Negeri Cina: Segalanya Demi Cinta dan Jati Diri

April 16, 2021

null

Poster film Kukejar Cinta ke Negeri Cina. (TrueID)

Ridwan Imam Fadli, itulah nama lengkap Adipati Dolken di film Kukejar Cinta ke Negeri Cina. Sosok mahasiswa asli betawi yang kuliahnya di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro tak kunjung kelar. Imam juga sosok yang abai terhadap kewajibannya sebagai seorang muslim.

Situasi itu mempersulit langkahnya dalam menjalani hubungan yang sudah terjalin empat tahun bersama pacarnya Widya (Nina Zatulini). Apalagi ada tuntutan dari ayah Widya yang kerap tak bisa dipenuhi Imam. 

Di tengah situasi itu, Imam justru jatuh hati kepada seorang gadis muslim asal China, Chen Jia Li (Eriska Rein) ketika menemani sahabatnya Billy (Ernest Prakasa) ke kelenteng Sam Po Khong. Bak cinta pada pandangan pertama, Imam langsung tertarik dengannya dan rela menjadi guide berkeliling kota Semarang. 

Imam mulai berbohong kepada Widya dan kebohongan itu akhirnya terungkap. Mereka akhirnya putus. Imam kian lengket dengan Jia Li dan berniat mengungkapkan perasaannya tapi sayang dia sudah kembali ke China. 

Demi mengejar cintanya, Imam menyusul Jia Li. Sayangnya, sampai di sana, Jia Li yang dicintainya ternyata sudah memiliki calon pendamping Ma Fu Hsien (Mithu Nisar). Calon Jia Li memiliki karakter yang berbanding terbalik dengan dirinya. Tapi, Imam tak menyerah.

null

Imam dan Jia Li saat berkeliling kota Semarang mencari jejak leluhur Jia Li. (Kukejar Cinta ke Negeri Cina)

Widya yang menolak lamaran Dimas (Kemal Phalevi) menyusul Imam ke China. Dia masih mencintai Imam dan ingin menyatukan kembali cinta mereka. Dia bahkan mengubah penampilannya dengan berhijab dan keluar dari pekerjaannya di hotel. Lalu siapakah yang akan dipilih Imam? 

Menarik menyaksikan film Kukejar Cinta ke Negeri Cina karena ada pesan spiritual di film ini, terutama pencarian jati diri seorang Imam. Dia selalu berkilah kalau hatinya belum terpanggil apabila sudah datang waktunya ibadah. 

Ada sebuah pelajaran dari kalimatnya jika manusia lain tidak bisa memaksakan kehendak kepada orang lain. Saat Imam berusaha mengejar cintanya kepada Jia Li, dia justru menemukan kebesaran Tuhan. 

Dengan akting Adipati Dolken yang mumpuni, didukung penampilan Erika dan Nina serta aksi kocak Ernest, film karya Fajar Bustomi yang diangkat dari buku dengan judul yang sama menarik untuk disaksikan. Apalagi di film ini terhampar jejak-jejak sejarah Islam di Tanah Air dan China. 

Tertarik melihatnya? Nonton Kukejar Cinta ke Negeri Cina di TrueID, Anda tak perlu berlangganan untuk menyaksikannya hingga tuntas. (Tya)

 


Artikel Terkait

Go Back To Home