10 Fakta Didi Petet, Pemeran Egi di Boneka dari Indiana

March 2, 2021
nullDidi Petet. (IG: @didipetet01/ https://www.instagram.com/p/ldwL8YvcRH/) 

Didi Petet dengan piawai memerankan tokoh Egi dalam film Boneka dari Indiana. Film yang mengisahkan drama rumah tangga dengan bumbu komedi bersama dua aktris kenamaan Lydia Kandou dan Meriam Bellina. 

Egi di film Boneka dari Indiana ini merupakan sosok suami takut istri yang hidup berlimpah karena kekayaan dari mertua. Dia juga sangat penurut hingga tak kuasa diperlakukan semena-mena oleh sang istri dan mertua. 

Kepiawaian akting Didi di film ini sangat luar biasa. Dengan wajah lugu dan sikap penurutnya itu membuat film ini sangat menarik, tak heran di tahun itu, dia masuk sebagai salah satu nominator aktor terbaik Piala Citra 1991. 

Berikut 10 fakta tentang Didi Petet yang menjadi salah satu aktor legendaris Indonesia di dunia perfilman. 

1. Sepanjang kariernya di dunia akting sejak 1985, tercatat membintangi 61 judul film dan 12 judul sinetron (sumber kapanlagi.com).

nullDidi Petet (tengah) di depan pavilion Indonesia pada EXPO Milan 2015. (IG @didipetet1)

2. Pria kelahiran Surabaya 12 Juli 1956 ini memulai karier di dunia seni lewat teater berkat perkenalannya dengan Harry Roesli. Dia sempat bergabung dengan Teater Koma pimpinan Nano Riantiarno dan mendirikan seni pantomim bersama Sena A Utoyo, Sena & Didi Mime. 

nullGrup pantomim SenaDidime saat pentas. (@didipetet1)

3. Akting suami dari Uce Sriasih mulai mendapat perhatian saat tampil di sinetron serial Losmen.

nullDidi Petet memerankan sosok Egi saat bersama Eya (Meriam Bellina)  di film Boneka dari Indiana. (TrueID)

4. Film pertama yang dibintangi oleh pria bernama lengkap Didi Widiatmoko adalah Semua Karena Ginah. Film yang mengisahkan tentang tukang jamu Ginah (Zoraya Perucha) yang menjadi terkenal karena kecantikan dan keseksiannya. 

nullDidi Petet bersama istrinya, Uce Sriasih saat berkunjung ke Eropa. (IG @didipetet1)

5. Didi Petet pernah meraih Piala Citra 1989 sebagai Aktor Pembantu Terbaik dalam film Cinta Anak Jaman. Dia berperan sebagai Bobby, sahabat Rendy (Donny Damara) yang berusaha membantu rumah tangga sahabatnya itu dari keretakan bersama sang istri Heidy (Paramitha Rusady).

nullDidi Petet dengan latar belakang foto-foto Harry Rusli, tokoh yang mengajaknya pertama kali di pentar teater. (IG @didipetet1)

6. Nama Didi Petet melambung saat memerankan tokoh Emon. Pria yang sedikit gemulai atau lebih dikenal agak banci saat bermain di film Catatan Si Boy yang dibintangi Onky Alexander. Berkat aktingnya, dia dianugerahi Aktor Terpuji Festival Film Bandung 1988.

nullDidi Petet yang berperan sebagai Emon di film Catatan Si Boy bersama Onky Alexander dan Paramitha Rusady. (IG @firdausfadlil)

7. Karakter lain yang sukses membawa Didi Petet di jajaran aktor top Indonesia yakni saat memerankan tokoh Kabayan di era 90-an, mulai dari Si Kabayan Saba Kota (1989), Si Kabayan dan Anak Jin (1991) serta Si Kabayan Saba Metropolitan (1992) bersama almarhumah Nike Ardilla serta Si Kabayan Mencari Jodoh (1994).

nullPoster film Si Kabayan Saba Metropolitan saat Didi Petet beradu akting dengan almarhumah Nike Ardilla. (IG @nikeardilla.id) 

8. Tahukah Anda, Meriam Bellina menjadi aktris yang paling sering adu akting dengan Didi Petet. Tercatat ada 12 judul film, yang mereka bintangi bersama. Salah satu filmnya yakni Boneka dari Indiana. Didi berperan sebagai Egi, tetangga Eya yang takut dengan istrinya Cece (Lydia Kandou). Film ini bisa Anda saksikan tanpa berlangganan di TrueID.

nullPoster film Boneka dari Indiana. (TrueID)

9. Sukses di dunia film, bakat mumpuni Didi Petet dilirik produser untuk sinetron. Beberapa judul sinetron sukses dibintanginya, diantaranya Losmen, Buku Harian, dan Cintaku di Rumah Susun. Dia juga sempat mendirikan rumah produksi. 

nullDidi Petet bersama para pemeran lainnya di sinetron Buku Harian. (Facebook: @ Nostalgia Masa Lalu)

10. Peran Bahar dalam sinetron dan film Preman Pensiun menjadi proyek terakhir Didi Petet sebelum menghembuskan napas terakhirnya pada 15 Mei 2015. (Tya)

nullDidi Petet saat menjalani proses syuting Preman Pensiun sebagai Kang Bahar. (IG @cleosawilliam)

 

 


Artikel Terkait

Go Back To Home